Apa Dibalik Kunjungan Bos Facebook ke China

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg bertemu dengan beberapa petinggi teknologi China. Hal tersebut memanaskan ambisi jejaring sosial itu masuk ke pasar negara itu.

Seperti diketahui, China memblokir Facebook di negaranya. Rabu lalu, Zuckerberg mengunjungi kantor Sina Corp., sebuah portal web terkemuka di China. Zuckerberg bertemu dengan CEO portal web tersebut, Charles Chao.
Pertemuan Rabu itu dilanjutkan pertemuan dengan Direktur operator milik negara China Mobile Ltd Wang Jianzhou dan CEO Baidu Inc Robin Li. Perjalanan Zuckerberg tersebut lebih mengacu pada pengenalan pasar China dibanding permohonan bisnis.

Zuckerberg berusaha mencari kemitraan yang tepat untuk dapat masuk ke pasar China. Sejak Juni, China telah memiliki 420 juta pengguna internet. Tahun lalu, jejaring sosial China telah memiliki 176 juta pengguna.

Vice General Manager Marketing Sina Liu Qi mengatakan Zuckerberg dan Chao bertemu untuk mendiskusikan pasar China dan untuk mempelajari produk blog mikro serupa Twitter mereka, Sina Weibo.

Kini, Facebook tersedia dalam 70 bahasa, 70% dari 500 juta pengguna aktif berada di luar Amerika Serikat (AS). Facebook membuat Facebook versi bahasa China pada 2008, namun hanya mendapat sedikit perhatian.

Hal tersebut dikarenakan kompetisi di China dan penyaringan teknologi web pemerintah yang membuat akses pada beberapa situs diblokir sepenuhnya.

sumber: inilah

Menilai Tanpa Menghakimi

Aplikasi Unik Terbaru Facebook Ini Bernama My Status inYear