Bocoran Terbaru Dari WikiLeaks

Meski situs asli www.wikileaks.org sudah diblokir dari provider aslinya di Amerika Serikat. WikiLeaks telah membuka situs baru berbasis di swiss dengan nama www.wikileaks.ch dan masih banyak alternatif lainnya serta terus merilis sisa dokumen kabel diplomatik rahasia dari sejumlah kedutaan besar AS di seluruh dunia. Berikut ini bocoran terbaru dari wikileaks :

1.LIBYA

Pemimpin Libya Moammar Khaddafy sempat membuat diplomat AS tegang pada 2009 karena menunda pemulangan bahan radioaktif ke Rusia sebagai bentuk kejengkelan diplomatik. Insiden ini dirahasiakan oleh AS karena khawatir material nuklir berupa uranium berkadar tinggi (“highly enriched uranium”, HEU) sejumlah 5,2 KG itu bisa dicuri dari fasilitas nuklir tajoura dekat tripoli karena pengamanannya lemah .

2.AFGANISTAN

Para diplomat AS mendapat laporan bahwa pasukan inggris tidak mampu menjalankan misi pengamanan Provinsi Helmand dan gubernur setempat meminta bantuan pasukan AS. Utusan khusus AS untuk Afganistan menyebut Presiden Hamid Karzai sebagai orang “paranoid”,”lemah”, dan “terlalu percaya diri” yang kemungkinan tak akan berhenti mengkritik Amerika. Para menteri senior di pemerintahan Presiden Karzai khawatir dengan sikap Karzai yang mudah percaya pada “cerita – cerita aneh tentang plot melawan dirinya ” dan setuju berkolaborasi untuk mencegah karzai tersesat”.

3.MESIR

Presiden Hosni Mubarak mengancam AS bahwa pihaknya akan ikut mengembangkan senjata nuklir apabila Iran berhasil memiliki senjata nuklir. Seorang Duta Besar AS menyebut Mesir sebagai “sekutu yang bandel dan keras” dalam kawat yang dikirim Februari 2009. Mesir tahun lalu berusaha melobi agar pemungutan suara pemisahan wilayah Sudan selatan ditunda dari empat menjadi enam tahun lagi. Mesir khawatir negara baru pecahan sudan nantinya akan gagal dan pemisahan itu akan membahayakan wilayah perairan Sungai Nil yang berbatasan dengan Mesir.

4.ITALIA

Perdana Menteri Silvio Berlusconi menepis laporan yang berisi kekhawatiran AS tentang hubungan Italia dengan Rusia dan berulang kali menegaskan ia tak pernah mendapat keuntungan pribadi dari kontaknya dengan Moskow. Para diplomat AS menyuarakan kekhawatiran tentang hubungan Berlusconi dengan Vladimir Putin dari negeri Italia yang menunjukkan minat terhadap sektor – sektor energi.

5.LEBANON

Pesawat – pesawat mata – mata AS melakukan penerbangan pengintaian di wilayah Lebanon dalam sebuah operasi patroli kontraterorisme atas permintaan pejabat Lebanon. Pesawat – pesawat tersebut lepas landas dari pangkalan AU Inggris di Siprus.

6.MEKSIKO

Seorang pejabat tinggi Meksiko mengatakan pemerintahannya berada dalam bahaya kehilangan kendali atas sebagian wilayah Meksiko akibat perang melawan Kartel – kartel obat bius.

7.RUSIA

Presiden Dmitry Medvedev menyebut kebocoran kawat diplomatik AS itu menunjukkan “kesinisan” diplomasi AS, tetapi meyakini itu tak akan mengganggu hubungan AS – Rusia yang sedang membaik. Salah satu isi bocoran kawat dari Rusia menyebut Vladimir Putin bisa berkuasa di Rusia karena mengizinkan kaum elite yang bisa disogok untuk menyedot uang yang beredar di negara itu .

8.TURKMENISTAN

Para diplomat AS menyebut Presiden Kurbanguly Berdymukhamedov sebagai orang yang “tidak terlalu cerdas” dan “seorang pembohong terlatih” dalam sebuah kawat dalam kedubes AS dinegara minyak itu. Kawat itu juga menyebut Presiden Kurbanguly Berdymukhamedoy tidak menyukai AS, Turki, atau Iran, tetapi cenderung akrab dengan China. Presiden yang mantan dokter gigi itu disebut – sebut sebagai seorang yang gila kerapian dan pernah memaksa semua pria yang bekerja di klinik giginya harus memakai celana panjang yang tersetrika licin sampai kelihatan lipatannya .

9. PERSERIKATAN BANGSA – BANGSA

CIA menyiapkan daftar informasi yang mereka inginkan tentang para pejabat dan diplomat PBB, yang harus dikumpulkan oleh para perwakilan dan utusan AS di Markas Besar PBB di New York ataupun dari seluruh dunia.

10.VENEZUELA

Kawat Departemen Luar Negeri AS menyebut Dinas Intelijen Kuba secara langsung dan memberi nasehat kepada Presiden Venezuela Hugo Chavez, dalam hubungan yang disebut AS sebagai “poros kejahatan” . AS waswas terhadap keakraban hubungan Chavez dengan Iran. Ada laporan dari warga yahudi di Venezuela yang merasa mereka menjadi obyek prasangka buruk pemerintah Venezuela.

11. YAMAN

Presiden Ali Abdullah Saleh secara rahasia menawarkan akses kepada Angkatan Bersenjata AS untuk menyerang berbagai sasaran terkait Al Qaeda yang berada di negara itu. Yaman juga dilaporkan memiliki stok peluncur rudal panggul yang bisa membahayakan keselamata pasukan AS apabila jatu ke tangan pihak – pihak yang salah.

12. INGGRIS

Para pejabat AS menyebut Inggris memiliki “paranoia” terhadap hubungan khususnya dengan Washington.

Sumber: Koran Kompas

WikiLeaks: Betul Atau Salah?

Siapa Yang Mendownload WikiLeaks, Akan Sulit Mendapatkan Pekerjaan