Cara Membuat Arang Menjadi Lahan Uang

Cara Membuat Arang Menjadi Lahan Uang

Cara Membuat Arang Menjadi Lahan Uang,Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus melambung membuat seluruh masyarakat kelimpungan. bagaimana tidak, kenaikan harga itu berimbas pada kenaikan harga sebagian bahan pokok lainnya. Sehingga memaksa masyarakat untuk kembali menggunakan cara lama mereka dalam mencukupi kebutuhannya. Disisi lain, kondisi ini ternyata membawa berkah bagi sebagian yang memanfaatkannya sebagai peluang usaha pembuatan arang sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Proses pembuatan arang ini sangat mudah dijalankan, dimulai dengan menumpuk kayu (sebagai bakal arang), kemudian dibakar dan ditutupi tanah atau pasir. Timbunan arang yang dibuat layaknya gunung kecil itu memiliki diameter lingkaran sekitar 1,5 meter dan tinggi 1/5 meter (atau bisa disesuaikan). Untuk pembakarannya bisa menggunakan jerami, sekam atau bahan lain, dan memakan waktu selama empat hari untuk mendapatkan kualitas arang yang baik. Dalam satu kali proses pembakaran bisa membuat dua timbunan arang sekaligus dengan total arang yang didapat sekitar 1,5 ton atau lebih.

Harga jual kepada pembeli atau tengkulak yang umumnya langsung mendatangi lokasi pembuatan arang, berkisar antara Rp 5.000 – 10.000/kg.Proses pembuatan arang dari kayu diatas banyak ditemui di daerah Semarang Jawa Tengah.

Sementara itu saat ini yang sedang berkembang adalah pembuatan arang dari batok kelapa yang menjadi bahan bakar alternatif dan kini banyak diminati oleh pemilik restoran, dan pedagang makanan keliling. Prosesnya dilakukan dengan cara sederhana, hanya memakai drum bekas untuk memasak batok hingga menjadi arang.

Proses pembakarannya membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk membuat arang batok. Caranya, batok kelapa dimasukkan ke drum lalu di siram dengan 1/4 liter minyak tanah. Drum ditutup dengan serpihan arang sampai 10 jam.

Oleh karena semakin sulit mendapatkan kayu bakar, pemanfaatan batok kelapa memang sangat efektif. dimana batok kelapa merupakan bahan yang mudah didapat karena banyak dibuang di pasar-pasar tradisional.Umumnya satu drum tempat memasak arang berisi sekitar 4-5 karung. Biasanya pembuatan arang menggunakan 2-3 drum. Rata-rata 3 drum dapat menghasilkan arang sekitar 10 karung. Hal ini membuat para pembuat arang batok lebih mudah mengalkulasinya dengan nilai uang sesuai harga batok. Setidaknya, setiap 2 hari sekali pembuat arang batok bisa mengantongi uang Rp 290.000 bahkan lebih.

Proses pembuatan arang dari batok kelapa diatas banyak ditemui di daerah Jakarta Timur, Tangerang Banten dan Indramayu Cirebon.Dari penjelasan tersebut, peluang usaha pembuatan arang memang menguntungkan dan dapat merauf uang yang lumayan. Apalagi disaat kondisi ekonomi kita saat ini sedang tidak stabil. Usaha ini merupakan alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.

.post-body {
-moz-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-o-user-select:none;
user-select: none;
}

Kunci Sukses Sebuah Usaha Di Mulai Dengan Planning

HP Pavilion dv6z-2000 CTO Drivers