Di Canada Ada Mobil Dengan Body Daun Ganja

Bila kita mendengar kata ganja, tentu asumsi kita itu bagian dari Narkoba. Memang itu tidak salah, bahkan punya selinting saja, polisi bisa menangkap pemiliknya. Tapi, kalau daun ganja, yang bahasa latinnya disebut Canabis Sativa, dijadikan bodi mobil, tentu akan diluar perkiraan banyak orang.

Tetapi itulah yang terjadi di Kanada. Peneliti di Canda Motive telah berhasil membuat bodi mobil dari daun ganja, bahkan akan menjadi bodi yang lebih ringan dibanding yang dibuat dari serat karbon.
Mobil listrik yang bodinya dari Canabis Sativa diberi nama Kastrel. Kendaraan listrik yang mampu mengangkut empat penumpang tersebut telah dipamerkan pada September lalu di Vancover, Kanada, dalam Konferensi dan Pameran Perdagangan Mobil Listrik (Vehicle Electric Conference and Trade Show) 2010.

Alberta Innovates Technology Futures (AITF), seperti dilansir Autoevolution, telah berhasil membudidayakan daun ganja, dan mengubahnya menjadi bahan komposit ringan, yang kemudian digunakan untuk membangun bodi mobil listrik Kastrel.
Bahkan, bodi kendaraan dari daun ganja ini, diklaim AITF, tidak berbeda jauh daya tahannya dibandingkan serat karbon. Dari segi pembiayaan, juga lebih murah. Menurut juru bicara AITF John Wolodko bahan alami seperti ganja tersebut dapat menjadi alternative sumber bahan baku kendaraan selain serat komposit.

Kastrel yang merupakan bagian dari Proyek Eve telah rampung menjadi prototipe kendaraan listrik, bahkan Agustus lalu telah memasuki tahap pengujuan akhir. Namun, belum ada rincian spesifikasi resmi dari mobil yang bodinya berasal dari tumbuhan tersebut.
President Canada Motive Nathan Armstrong mengungkapkan penggunaan cannabis sativa merupakan satu kesempatan untuk guna membuat kemajuan di bidang otomotif Kanada, dengan dapat menyediakan produk yang berkelanjutan, sekaligus menciptakan lapangan kerja baru.

Ditemukan Periuk Sop Cina Berusia 2.400 Tahun

Hari-Hari Akhir Si Pitung