Ditemukan Batu Megalit Berbentuk Pundan Berundak Yang Mirip Candi

Warga di Dusun Cawang Baru Kelurahan Rebah Tinggi, Dempo Utara, sekitar pukul 10.00 WIB Jumat kemarin dihebohkan dengan ditemukannya batu megalit yang berbentuk pundan berundak menyerupai tekstur candi. Benda ini ditemukan di tepian Sungai Air Cawang. Diduga ini benda cagar budaya ini adalah punden berundak (tempat pemujaan) masyarakat prasejarah.

Benda ini ditemukan tak sengaja oleh Ketua RT 01 Dusun Cawang Baru Basri (43) bersama Kabito (36), Almi (39) dan Rupan (42). Bangunan ini memiliki panjang 300 meter bersusunan layaknya sebuah bangunan candi. Ketinggiannya dari permukaan aliran sungai masing-masing susunan batu sekitar 30 meter hingga 50 meter. “Penemuan susunan batu ini merupakan tindak lanjut dari penemuan sebelumnya yang dilakukan pertengahan Agustus,’’ ujarnya.

punden berundak
Candi berbentuk pundek berundak yang kembali ditemukan
di tanah Besemah, tepatnya di Dusun Cawang Baru

Sementara ketinggian dari tangga ke tangga sekitar satu meter hingga dua meter. “Kami penasaran dan melakukan penggalian. Hasilnya kembali ditemukan susunan batu tersebut sepanjang 300 meter di tepian Sungai Air Cawang,” ujarnya.

Diakuinya, dirinya pernah bermimpi didatangi puyang yang menunjukkan daerah tersebut terdapat bangunan cagar budaya. Lurah Rebah Tinggi Nopri Andri SE membenarkan temuan situs perbakala yang menyerupai bangunan candi. “Sebelumnya sudah ditemukan bangunan yang mirip candi oleh warga tersebut, saat ini ditemukan situs di tempat yang terpisah,’’ ujarnya.

Kadis Pariwisata Seni dan Budaya Pagaralam Drs H Syafruddin MSi mengatakan, peninggalan purbakala di kota ini masih banyak yang belum terungkap. “Daerah tanah Besemah ini kaya akan kebudayaan megalitikum, bahkan konon kabarnya Megalitikum kita seumuran dengan Spink di Mesir,” terangnya. Tapi untuk memastikan apakah penemuan ini benar-benar candi atau bukan Balai Arkeologilah yang dapat memastikannya. “Kita hanya menginventarisir penemuan masyarakat yang ada,’’ tegasnya.

sumber: infokito

Kondom Termahal Didunia Seharga 448 Juta

Kasus Perkosaan Yang Dilakukan Salah Satu Oknum Dewan