Facebook Jadi Favorit Pengguna Internet Indonesia

Survei yang dilakukan Markplus Inc terhadap para pengguna internet atau netizen menemukan beberapa hal penting. Hasil survei itu menyimpulkan bahwa saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial dan melakukan pencarian.

Pendiri dan Presiden Markplus Inc. Hermawan Kartajaya mengatakan hasil survei di delapan kota menemukan email tak lagi menjadi hal utama dalam pemakaian internet. “Lebih banyak untuk update status Facebook dan mencari,” ujar Hermawan.

Hasil tersebut cukup memberikan gambaran tentang perilaku netizen. Hermawan mengatakan penelitian ini mengambil sampel 1.500 responden di Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makasar dan Palembang.

Survei ini dilakukan dengan metode riset primer dan sekunder menggunakan multi stage random sampling dan metode kish grid serta focus group discussion. Penelitian dilakukan September lalu. Dari penelitian itu, kata Hermawan, satu dari tiga anggota keluarga responden merupakan pengguna internet.

Masyarakat Indonesia juga lebih banyak mengakses internet melalui perangkat bergerak. Hermawan juga mengatakan jejaring sosial Facebook masih menjadi favorit pengguna internet. “Sembilan dari sepuluh pengguna internet memiliki akun Facebook,” ujarnya. Setelah Facebook, Twitter menduduki peringkat kedua meskipun angkanya tidak terlalu besar.

Untuk mengakses internet para responden rata-rata menghabiskan uang antara Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu. Untuk akses internet melalui PC atau laptop mereka menghabiskan rata-rata Rp 166 ribu per bulan.

Sedangkan melalui ponsel mereka rata-rata menghabiskan Rp 86 ribu. Untuk akses melalui ponsel, anak muda menghabiskan Rp 86 ribu namun untuk dewasa rata-rata Rp 95 ribu. Koneksi internet di PC atau laptop, anak muda menghabiskan Rp 150 ribu dan dewasa Rp 200 ribu.

Para netizen ini rata-rata dalam sehari menghabiskan waktu antara tiga hingga lima jam dalam mengakses internet. Sebagian besar netizen ini mempunyai lebih dari satu gadget. Ponsel menjadi gadget yang pasti dimiliki oleh netizen.

sumber: tempointeraktif

10 Gempa Paling Dahsyat Sepanjang Sejarah

Ariel Makin Ganteng