Facebook Raih Kue Iklan Lebih Besar

San Francisco – Jejaring sosial paling populer di dunia, Facebook, terbukti populer juga dikalangan pengiklan diantara peselancar dunia maya.

Menurut laporan baru firma analisa web comScore, hampir satu dari empat grafis, tampilan online iklan yang dilihat di Amerika Serikat (AS) pada kuartal ketiga adalah situs Facebook.

Tampilan 23.1 persen “impression” iklan Facebook naik tajam dari 17.7 persen dalam kuartal kedua dan lebih dari kelipatan perusahaan peringkat kedua, Yahoo Inc, yang memiliki jatah 11 persen.

Faktanya, situs Facebook memenangkan lebih banyak “impression” iklan dalam kuartal ketiga daripada empat perusahaan selanjutnya yang digabung, yang memasukkan Yahoo, Microsoft Corp, News Corp’s Fox Interactive Media dan Google Inc.

Analis mencatat bahwa iklan Facebook menjual diskon penting untuk menampilkan iklan yang dijual pada portal web tradisional seperti Yahoo. Menurut estimasi Kena Sena analis dari Evercore Partners, CPM efektif (cost per thousand impression) bagi Facebook AS tampilan iklan kira-kira 1 dolar dibandingkan dengan 3 dolar CPM bagi tampilan iklan pada keluarga situs Yahoo di AS.

Tetapi, Sena mencatat tingkat iklan Facebook meningkat, pemasar membuat peningkatan menggunakan kemampuan untuk menyasar iklan pada pengguna Facebook berdasarkan minat mereka dan informasi lain.

“Itu pasti masalah bagi situs portal. Sementara, anda masih memiliki semacam pemain tampilan tradisional manfaat dari tren pertumbuhan kuat dalam tampilan (iklan), sosial mungkin mengambil jatah pertumbuhan yang tidak proporsional,” kata Senna, seperti dikutip Reuters.

Menurut eMarketer, firma riset pasar digital, tampilan pasar iklan online AS diharapkan naik kira-kira 13 persen ke 8.56 miliar dolar pada tahun 2010. Yahoo diharapkan tetap menjadi penjual tampilan iklan nomor satu dengan pendapatan tahun ini, dengan 15.4 persen jatah pasar, menurut eMarketer, dengan Facebook di tempat kedua dengan jatah 9.5 persen.

Facebook merupakan perusahaan swasta, yang memiliki 500 juta pengguna, tidak mengungkapkan pendapatan finansial mereka. Dua orang yang paham dengan keadaan memberitahu Reuters pada Juni lalu bahwa perusahaan menghasilkan pendapatan hingga 800 juta pada 2009.

Menurut comScore, Facebook menghasilkan “impression” tampilan iklan 297 juta di AS dalam kuartal ketiga. Data comScore termasuk berbagai jenis iklan situs grafis, tetapi tidak termasuk iklan video.

Andrew Lipsman dari ComScore, mengatakan bahwa Facebook meningkatkan jatah tampilan pasar iklan kemungkinan dihasilkan dari ukuran pertumbuhan cepat pengguna perusahaan. Peningkatan dalam jumlah iklan per halaman yang dihasilkan Facebook dan peningkatan jumlah waktu yang digunakan pengguna di situs itu.

Menurut comScore, pengguna menggunakan rata-rata lima jam per bulan di Facebook selama kuartal ketiga, dibandingkan dengan tiga jam per bulan dalam kuartal ketiga 2009.

“Lebih banyak orang dalam jejaring sosial anda online, lebih banyak nilai yang diciptakan anda sebagai seorang pengguna, lebih banyak kemungkinan anda ikut dan menyumbang,” kata Lipsman dikutip Reuters.

Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

Terlalu Sering "Update" Status Facebook = Norak?