Gates Ramalkan Titik Balik Perang Afghanistan

Jika perolehan keamanan yang dimenangkan dengan sulit melawan Taliban selama satu tahun terakhir dapat dipertahankan di puncak musim pertempuran di Afghanistan yang akan dimulai dalam beberapa bulan, AS dan sekutu-sekutunya kemungkinan merasa bahwa mereka telah “membalikkan situasi dan mulai meningkat setelah sebuah masa yang sulit” pada akhir tahun ini, Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan pada hari Kamis (21/4) waktu setempat.
Komentar-komentar tersebut termasuk salah satu dari komentar yang lebih optimis tentang ramalan perang oleh Gates, yang telah mengawasi sebuah peningkatan tentang pertempuran AS tahun ini dan sangat dinanti-nantikan untuk mengundurkan diri dalam beberapa bulan.
Rencana-rencana AS untuk menarik hampir sekitar 100.000 pasukan dari Afghanistan dimulai pada bulan Juli.
Tujuan yang disebutkan oleh AS dan NATO adalah untuk membuat pasukan Afghanistan mengambil kepemimpinan pertempuran pada akhir tahun 2014.
Komentar Gates tersebut menimbulkan pemikiran bahwa ia percaya garis waktu perang tersebut sedang berada pada jalur, walaupun masih terus ada keragu-raguan bawa pemerintah Afghanistan akan mampu setelah tahun 2014 tentang mempertahankan perolehan yang dicapai kemudian.
Setiap musim semi dan musim panas, Taliban meningkatkan serangan mereka terhadap pasukan pemerintah Afghanistan dan pasukan koalisi yang dipimpin NATO mendukung mereka.
Hal yang meningkatkan serangan diantisipasi untuk dimulai bulan depan, walaupun banyak komando sekutu percaya bahwa akan jadi kurang efektif dari pada tahun-tahun sebelumnya karena pasukan NATO menemukan dan menghancurkan banyak persembunyian persenjataan selama musim dingin.
“Kami telah menggiring Taliban keluar dari banyak daerah yang mereka telah kendalikan selama bertahun-tahun, termasuk di daerah pedalaman mereka,” Gates mengatakan kepada konferensi berita Pentagon.
“Mereka dengan jelas bermaksud untuk mengupayakan dan mengambil kembali semua daerah tersebut.
“Jika tahun ini kita dapat mencegah mereka mengambil kembali daerah-daerah pedalaman yang telah kita ambil dari mereka, dan kita dapat melanjutkan untuk memperluas gelembung keamanan,” Gates mengatakan.
“Saya pikir merupakan hal yang mungkin bahwa pada akhir tahun ini kami akan telah membalikkan keadaan menjadi lebih baik, hanya karena Taliban telah digiring keluar dan, yang lebih penting lagi, tetap dijauhkan untuk tetap berada di luar,” Gates menambahkan.
Marinir jenderal James Cartwright, muncul dengan Gates, mengatakan bahwa sampai Taliban memiliki sumber daya manusia yang mereka butuhkan untuk meluncurkan sebuah serangan musim semi, pertempuran tersebut kemungkinan besar menonjolkan serangan “spektakuler individual” dari pada mempertahankan pertempuran yang melibatkan kelompok yang lebih besar dari pada pasukan Taliban.
Cartweight, wakil pimpinan Ketua Gabungan Staf, mengatakan bahwa fokus upaya-upaya NATO sekarang adalah untuk menargetkan rute persiapan yang digunakan oleh para anggota Taliban untuk bergerak dari Pakistan ke bagian selatan dan tenggara Afghanistan, “untuk memotong semua jalur tersebut, menghalangi mereka sehingga mereka tidak dapat memasok kembali atau membangun persediaan mereka.” (ppt/dw)
Sumber: http://www.suaramedia.com

Mesir Perpanjang Penahanan Terhadap Mubarak

UNHCR: Belasan Warga Libya Melarikan Diri ke Tunisia