Hillary Sampaikan Penyesalan Terkait Bocoran Dokumen


Foto: Menlu AS Hillary Rodham Clinton. (Reuters)

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton menyampaikan penyesalannya kepada Pesiden Argentina Cristina Kirchner dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari atas bocoran dokumen milik AS yang beredar di publik.

“Hillary sudah berbicara kepada kedua kepala negara tersebut mengenai pentingnya menjaga hubungan baik. Hillary juga telah menyampaikan penyesalan kepada keduanya atas dokumen-dokumen rahasia yang beredar di publik,” ujar Juru Bicara Hillary Philip Crowley seperti dikutip AFP, Jumat (3/12/2010).

“Dalam pembicaraan dengan Hillary, Presiden Kirchner dan Presiden Zardari mengatakan mereka akan terus melihat ke depan. Keduanya juga mengungkapkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan AS,” lanjutnya.

Crowley mengatakan Hillary menghubungi mereka lewat sambungan telepon karena Menlu AS ini sedang dalam kunjungan ke Asia Tengah. Namun Crowley menolak menyebutkan isi kabel mana yang dibicarakan oleh para petinggi itu. 

“Bagaimana Kirchner mengatasi kecemasannya?” Hillary bertanya dalam salah satu kabel kepada Kedutaan Besar AS di buenos Aires yang tertanggal 31 Desember 2009 dan juga sudah dirilis oleh WikiLeaks.

Situs WikiLeaks telah mempublikasikan sebagian dari hampir seperempat juta kabel diplomatik rahasia milik AS dalam beberapa hari terakhir.

Sementara seorang pejabat Pakistan di Islamabad mengatakan Hillary dan Zardari tidak memfokuskan pembicaraan mereka pada bocoran kabel ketika mereka berbincang.(fmh)

Sumber: http://international.okezone.com/

Barat Salah Menilai Saddam Hussein

WikiLeaks: Pasukan Inggris Buat Kacau Di Helmand