Inilah 11 Film Konspirasi Luar Biasa

Beragam film bertema konspirasi sudah beredar. Banyak juga yang berangkat dari kisah nyata yang memang menarik perhatian penikmat film. Berikut 11 film bertema konspirasi yang Waspada Online  rangkumkan.

Foto Ilustrasi

1. JFK (1991)
Kisah penembakan Presiden Amerika Serikat, Jhon F. Kennedy merupakan perpaduan yang pas antara fakta dan fiksi.

Lengkap dengan peluru  ajaib,  penembak tersembunyi, pemerintah yang menutup-nutupi,  petualangan homoseksual, dan pejuang Kuba, elemen konspirasi film adalah kekacauan yang terjadi setelah penembakan Presiden Amerika Serikat tersebut.

2. The Manchurian Candidate (1962)

Berasal dari novel berjudul sama karya  Richard Condon di tahun  1959. Film klasik yang bercerita mengenai  rencana pembunuhan tokoh politik Amerika dengan cara mencucu otak si pelaku pembunuhan yang tidak lain adalah anak tokoh politik tersebut. Film yang dirilis pada saat puncak krisis rudal Kuba dan secara kebetulan saat yang sama dengan pembunuhan Kennedy ini juga penuh intrik menegangkan.

3. All the President’s Men (1976)
Film yang bercerita mengenai investigasi dua orang reporter Washington Post mengenai skandal Watergate ini  menjadi film referensi bagi beberapa jurnalis bagaimana menjalankan pelaporan investigasi.

4. The Conversation (1974)
Terinspirasi oleh Michelangelo Antonioni’s Blowup dan menjadi pembuka jalan bagi film-film bersejarah seperti Blow Out, Enemy of the State. Bercerita mengenai penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah yang diungkap oleh seorang teknisi audio yang semakin paranoid. Gene Hackman mampu memberikan ketegangan ini.   

5. Chinatown (1974)
Berlatar Los Angeles di tahun 1930-an,  bercerita mengenai konspirasi yang terjadi di Chinatown. Meski menduduki peringkat teratas sebagai film yang diminati, kita kita tidak bisa melupakan elemen-elemen yang melekat  pada film konspirasi. Skandal seks, penipuan real estat, dan pejabat kota korup berlimpah dalam kisah gelap, yang menjalin sejarah kumuh asal-usul LA menjadi cerita detektif kaya imajinatif.

6. Parallax View (1974)
Sutradara Alan J. Pakula (All President’s Men) menampilkan sisi lain dari ketidakpercayaan,paranoia poliik di tahun 60-70-an. Berkisah mengenai seorang reporter yang menjadi tersangka pembunuhan. Kebenaran mengejutkan bercampur antara konspirasi menutup-nutupi kasus tersebut.

7. Bourne Ultimatum (2007)
Kisah terakhir dari Bourne Trilogy, The Bourne Ultimatum mengungkapkan kebenaran di balik program pembunuhan rahasia CIA dan pihak yang  bertanggung jawab atas masa lalu Bourne.  Karakter Matt Damon tetap meyakinkan karena kerentanan manusia. Ketajaman mentalnya dan ketangkasan fisik akhirnya digantikan oleh frustrasi atas amnesia nya, kesendirian, dan perjuangannya mengungkapkan jati diri berkejaran dengan CIA dengan persenjataan lengkap.

8. North by Northwest (1959)
Seperti film-film karya Hitchcock yang lain, North By Northwest pun mencampurkan ketegangan  ala detektif yang unik. Film ini bercerita mengenai kesalahan identitas yang menyebabkan tokoh utama dikejar-kejar.  
9. Capricorn One (1978)
Meski dinilai sebagai film kelas B, Capricorn One tetap menampilkan konspirasi yang terjadi. Memang berbeda dari kebanyakan film yang bercerita mengenai konspirasi, yang penuh dengan korupsi dan pembunuhan rahasia, film ini menceritakan konspirasi antar ras yang menarik.Film ini bercerita tentang ilmuwan yang merencanakan pendaratan ke Mars, penuh dengan intrik penggagalan dan sebagainya.

10. The Game (1997)
Michael Douglas yang berperan menjadi Nicholas Van Orton seorang pengusaha yang terobsesi memenangkan undian. Penuh intrik bagaimana mengungkapkan kemenangan demi kemenangan yang dialaminya. Ternyata semua menjadi boomerang bagi Nicholas.

11. The Pelican Brief (1993)
Berangkat dari novel karya John Grisham, diperankan oleh Julia Roberts sebagai Erin Brokovitch. Menceritakan perjalanan Erin seorang mahasiswa hukum yang menjadi sasaran pembunuhan akibat menyimpan rahasia perusahaan yang melanggar peraturan dan membuka tabir pembunuhan para hakim agung.

Kenali Tipe Amatirnya dan Ubah Kebiasaannya Menjadi Pro

Kota dengan Mall Terbanyak di Dunia