Iran Mulai Teror HAM Di AS

Departemen Luar Negeri Iran tengah mengkaji laporan periodik kondisi Hak Asasi Manusia (HAM) Amerika Serikat (AS) di Dewan HAM PBB. Deplu Iran secepatnya akan merilis laporan pelanggaran HAM di Amerika.

 

Kekejaman Tentara AS

Menjelang sidang Dewan HAM yang membahas kondisi HAM di AS di Jenewa, Deplu Iran berencana merilis laporan pelanggaran HAM oleh negara adidaya yang mengklaim sebagai pembela HAM di dunia. Demikian dilaporkan pusat penerangan Deplu Iran seperti dikutip Fars News Kamis (4/11).

Dalam laporan ini ditegaskan bahwa AS yang mengklaim sebagai pembela hak asasi manusia belum berniat menutup penjara Guantanamo dan Abu Ghraib meski ada tekanan dari komunitas internasional, PBB dan janji Presiden Barack Obama.

Laporan ini menambahkan, AS hingga saat ini belum juga bersedia bergabung dengan konvenan internasional hak ekonomi, sosial dan budaya yang menjadi bagian utama dari HAM. Komite hak anak-anak di PBB juga menyatakan bahwa AS adalah negara produsen dan penyebar kejahatan anak-anak di dunia. Dua negara dunia saat ini belum menandatangani konvensi perlindungan anak dan salah satunya adalah AS.

Dalam laporan ini disebutkan, sejak tahun 2001 hingga kini tercatat 334 orang tewas akibat siksaan polisi AS dan hal ini patut untuk disesalkan. (IRIB/Fars/MF/AHF)

Sumber: http://indonesian.irib.ir/

Menguak Pelanggaran HAM Di AS

Irak Kirim Pesan Pedas Kepada Raja Saudi