Jendral AS Blak-Blakan Soal Iran

Komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, Jenderal David Petraeus mengatakan, Iran memiliki kepentingan atas stabilitas Afghanistan dan Tehran menentang Taliban. “Republik Islam Iran adalah sebagai hal yang dikhawatirkan oleh Amerika Serikat, karena negara itu mungkin menjadi tempat perlindungan bagi kelompok teroris transnasional,” kata Petraeus dalam wawancaranya dengan VOA bahasa Persia kemarin (Jumat,29/10).

 “Iran juga menentang kepemimpinan Sunni ekstrim di kelompok al-Qaeda dan Taliban,” tambahnya.

Mengomentari bantuan finansial Iran kepada pemerintah Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Jenderal AS ini mencatat bahwa apa yang didapat Karzai dari Tehran adalah kecil jika dibandingkan dengan apa yang perolehnya dari AS dan sekutu-sekutunya.

Karzai, Senin lalu (25/10) menyatakan bahwa kepala stafnya telah menerima uang dari Iran, tapi menegaskan proses itu transparan dan bentuk bantuan dari negara tetangga.

“Bantuan diserahkan oleh berbagai negara sahabat untuk membantu pemerintah dan pengeluaran negara,” kata Karzai pada konferensi pers di ibukota Afghanistan, Kabul.

Pada tahun 2002, Tehran berjanji memberikan bantuan dana 570 juta dolar untuk program rekonstruksi Afghanistan dan cicilan akhir diserahkan pada Maret 2006 lalu.

Selama konferensi rekonstruksi Afghanistan pada Februari 2006, Iran menjanjikan bantuan tambahan sebesar 100 juta dolar. Dana tambahan ini membuat Iran termasuk salah satu negara donor terbesar bagi rekonstruksi tetangganya sejak invasi AS pada 2001. Iran juga melakukan kerjasama bilateral dengan pemerintah Afghanistan untuk membangun jalan dan rel kereta api bagi transportasi lintas perbatasan. (IRIB/RM/SL) 

Sumber: http://indonesian.irib.ir/

Iran Peringati Pendudukan Kedubes AS

Belajar Strategi Perang Israel Dan Cara Menghadapinya Bagian 1