Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Kaum Pria

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh menjadi sel kanker. Sel kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sel-sel yang terus menerus tumbuh menjadi benjolan yang disebut dengan tumor.

Gambar Ilustrasi

Walaupun tidak berkembang, pria memiliki jaringan organ payudara yang sama dengan yang dimiliki perempuan. Berbeda dengan perempuan, payudara pria hanya memproduksi hormon estrogen (hormon perempuan) dalam jumlah sedikit. Hormon estrogen inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker pada organ payudara.

Meski persentasenya lebih kecil, hanya sekitar 1% daripada perempuan, pria juga bisa terkena kanker payudara, yang juga berbahaya. Penyebaran kanker payudara pada pria lebih cepat karena jaringan sekitar payudaranya lebih tipis dari perempuan. Sehingga pada tahap awal mungkin sudah terjadi pelekatan pada jaringan sekitarnya. Karena itu, disarankan para pria juga melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) sehingga setiap perubahan cepat diketahui.

Pada pria, kondisi paling umum yang ditemukan selain produksi hormon estrogen adalah gynecomastia yaitu ditemukannya gumpalan akibat peningkatan jaringan tisu pada organ payudara, sindrom Klinefelter, terpapar radiasi, serta riwayat keluarga.

Gumpalan atau keanehan pada payudara pria akan lebih mudah ditemukan karena pria memiliki jaringan tisu yang lebih sedikit dibanding perempuan. Sementara Sindrom Klinefelter adalah sindrom kelainan genetika pada pria dimana salah satu cirinya adalah bentuk payudara pria yang membesar. Pembesaran payudara yang abnormal pada pria biasanya disebabkan obat-obatan atau aktivitas hormonal.

Seperti halnya pada perempuan, resiko penyakit ini meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Pada banyak kasus, kanker payudara pada pria terjadi pada usia 60an dan 70an. Kanker payudara yang menimpa pria dibawah usia 35 tahun sangat sedikit ditemukan.

Para pria dengan riwayat keluarga penderita kanker payudara diharapkan lebih berhati-hati karena memiliki resiko yang lebih besar. Menurut National Cancer Institute, dari pada sekitar satu juta orang pria ditemukan 14 kasus kanker payudara pada pria berkulit hitam dan 8 kasus pada pria berkulit putih. Namun untuk ras Asia, kasus kanker payudara pada pria masih sangat sedikit ditemukan.

Buah Delima Dapat Mencegah Kanker Payudara

Jennifer Love Hewitt Meniduri 26 Pria Dalam Waktu Dua Hari