Kulit Wajah Kusam Atau berpori2 besar

Ada beberapa message di blogku tercintah ini…

Adek Dulu wjahQ ga kusam. Tapi knapa sekarang jadi kusam sekali ya? Gak bercahaya… Apa salah satu penyebabnya adlh krna dulu sy jarang bersih2 wajah?

Adek Dulu juga sy memakai foundation. Pdhal sblmnya tdk pernah pakai. Stelah itu, kulit sy jd kusam. apa itu jg pnybabnya kah? Sya pingin tahu

milka ada tips utk pori2 besar tdk?

Hmmm… Untuk masalah kulit mba Adek yang kusam. Kalau anda perhatikan benar apa yang sudah saya tulis disini dan disini, saya rasa sebagian pertanyaan anda sudah bisa terjawab. Sayang, anda tidak menyebutkan usia anda, berapa lama anda menggunakan foundation dan apakah foundation yang digunakan sesuai dengan kondisi kulit anda.

Saya tidak menyarankan untuk menggunakan foundation setiap hari. Ini karena fungsinya yang hanya untuk memperhalus pemakaian bedak. Sebaliknya, saya sangat menganjurkan untuk menggunakan pelembab setiap hari; siang dan malam sesuai dengan jenis kulit. Karena, seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka kondisi jenis kulit terutama kelembabannya dapat berubah. Disinilah peran pelembab sangat dibutuhkan. Hanya saja, setiap menggunakan pelembab sebaiknya kulit dalam keadaan bersih.

Membersihkan wajah juga WAJIB dan HARUS hukumnya. Kotoran2 yang melekat pada kulit seringkali tidak nampak langsung. Makanya, kita harus membersihkan wajah secara teratur. Facial dan scrub juga sebaiknya rutin dilakukan. Untuk jenis kulit berminyak, lakukan 2 kali dalam sebulan. Sedangkan untuk kulit wajah normal dan kering, cukup melakukannya sekali dalam sebulan.

Jika saat ini kulit mba Adek jadi kurang bercahaya, jangan gunakan produk yang mengandung pemutih. Karena bisa2 justru memperburuk keadaannya. Lakukan cara yang alami. Memang hasilnya baru kelihatan setelah beberapa waktu (minimal sebulan tergantung kondisi kulit). Jadi ya harus sabar.

Untuk mba Milka yang punya masalah dengan pori2 yang besar.

Pori2 besar biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Pertama karena faktor genetis atau keturunan. Kedua karena kulit yang berminyak dan berjerawat. Sisa dari jerawat tersebut kemudian membentuk pori2 yang besar.

Pori2 besar ini tidak bisa dihilangkan kecuali dengan operasi. Akan tetapi, kehadirannya dapat diminimalisasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori2 yang sudah kadung besar ini.

Pertama, bersihkan wajah secara teratur terutama sehabis beraktifitas diluar ruangan. Karena kotoran yang menempel dan menyumbat pori dapat membuat pori semakin besar.

Kedua, jika kulit anda berminyak dan berjerawat, lakukan peeling, scrubbing dan facial secara teratur. Gunakan kosmetik secara tidak berlebihan hingga kondisi pori mengecil. Kunjungi dokter atau ahli kecantikan yang dapat membantu anda untuk melakukan semua itu.

Ketiga, sebisanya hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu jerawat (jika kondisi kulit wajah anda berjerawat dan berminyak).

Cari yang Cantik dan Ganteng? Ya Indonesia!

Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya