Lampion Indah dari Kulit jengkol

Tidak hanya isinya saja yang bisa diolah menjadi makanan favorit bagi masyarakat indonesia atau mancanegara dan manfaat untuk kesehatan ternyata kulit jengkol juga bisa dikreasikan menjadi Lampion Hias yang Unik dan Menarik. Ide tersebut muncul dari sebuah Tim yang mengetengahkan judul ”Home Industri Lampion Hias dari Olahan Kulit Jengkol” ini mengaku terinspirasi dari banyaknya jumlah limbah kulit jengkol di Jawa Barat.

Lampion, pada umumnya dijual dipasaran berbentuk bulat. Namun tim pertama tersebut berkreasi dengan membuat model lampion yang berbeda dari yang lain. Ketika memulai produksi, ide membuat model lampion dengan bentuk kotak itu muncul. Lalu kreasi akhirnya muncul empat model hingga saat ini. Bahwa dalam satu kali produksi, timnya mampu membuat sekitar 40 produk dengan empat model berbeda. Proses produksi tersebut dilakukan dalam dua hingga tiga hari. Proses produksi dimulai dengan pengumpulan bahan baku yang diperoleh dari Pasar Caringin. Setelah dilakukan pemilahan kulit jengkol yang masih utuh, kulit jengkol tersebut dicuci dan dikeringkan.

Langkah selanjutnya adalah melapisi kulit dengan cairan vernis dan dikeringkan. Proses pemilahan dan pengeringan ini cukup dilakukan dalam satu hari. Setelah itu, bahan baku siap dibuat menjadi lampion sesuai keinginan. Bernadita menjelaskan bahwa produknya tersebut telah ditampilkan dalam sejumlah pameran yang diselenggarakan Unpad. Selain itu, timnya juga bekerja sama dengan beberapa toko di Jatinangor untuk memasarkan produk tersebut.

Orang Kreatif akan selalu menghasilkan sesuatu yg unik serta menarik, bagaimana dengan anda? Teropsesikah anda untuk menjadi manusia yang kreatif?

Tips Cinta Jarak Jauh (Jauh di mata Dekat di Hati)

Wisata Gua Biru di Pulau Capri