Limbah Bawang Disulap Menjadi Aneka Pelampung Kail Untuk Memancing.

Ide kreatif selalu berbuah manis. Setidaknya ini yang dirasakan Irsyadul Anam. Prihatin melihat ratusan batang bawang putih teronggok begitu saja di sejumlah pasar tradisional di Solo, Jawa Tengah (Jateng).  Anam justru mampu menaikan “derajat” batang bawang putih. Limbah ini diolah menjadi aneka pelampung kail untuk memancing.

Anam harus merogoh kocek Rp 5 ribu per kilogram untuk mendapat batang bawang putih. Batang-batang itu kemudian disortir dan dipilih yang paling keras. Setelah itu dipotong dan dibentuk. Cat warna-warni pun mempercantik pelampung kail ini. Hasilnya, pelampung kail yang tidak kalah dengan pelampung dari kayu yang banyak dijual.

Tidak perlu khawatir soal harga. Anam menjamin harga pelampung kail batang bawang lebih murah, dilego hanya sekitar Rp 650-4.500 per buahnya.

Harga pelampung yang murah membuat Anam kewalahan kebanjiran pesanan. Saat ini, pesanan mencapai 10 ribu buah, namun Anam hanya mampu memenuhi 5.000 buah saja. Tidak hanya pundi-pundi rupiah yang bertambah, masyarakat sekitar pun bisa diberdayakan.

11 Orang Sukses di Indonesia Tanpa Ijazah

Masihkah Teroris Mengancam Indonesia?