Meksiko Bikin AS Khawatir

MEXICO CITY – Amerika Serikat ternyata khawatir tentara Meksiko akan gagal mengatasi perlawanan para kartel narkoba di negeri sombrero. Kekhawatiran ini terungkap dalam kabel diplomatik rahasia AS yang dibocorkan ke publik oleh situs WikiLeaks. 
 
Foto: Ilustrasi narkoba di Meksiko. (Reuters)
Seperti dilansir BBC, Jumat (3/12/2010), kabel yang dikirimkan oleh Kedutaan Besar AS di Mexico City pada Januari 2010 itu melabeli tentara Meksiko lambat dan tidak mau ambil resiko. Kabel tersebut juga menyebutkan para tentara Meksiko tidak dilatih untuk berpatroli di jalanan atau mengumpulkan bukti yang dapat menyudutkan tersangka.

Namun kabel tersebut juga menuliskan pujian bagi pemerintah Meksiko atas komitmen hebat yang mereka tunjukkan dalam menghadapi gerombolan narkoba.

Tetapi komitmen itu terganggu oleh tindak korupsi yang dilakukan oleh para pejabatnya sendiri dan kurangnya koordinasi di antara mereka.

Kabel yang tertanggal 29 januari 2010 itu juga mengungkapkan kegagalan tentara Meksiko di Ciudad Juarez mengurangi tindak kekerasan. Ciudad Juarez adalah kota perbatasan yang menjadi pusat perang narkoba.

Bocoran kabel tersebut menyebutkan para tentara tampak tidak terlatih untuk melakukan operasi penegakan hukum. Tercatat hanya dua persen dari orang yang tertangkap di kota tersebut yang kemudian dijatuhi dakwaan.

Angkatan Laut Meksiko tampak lebih efektif, khususnya ketika mereka melakukan operasi yang menewaskan pemimpin kartel Arturo Beltran Leyva. Mereka juga menambahkan operasi tersebut berdasarkan pada laporan intelijen AS. 

Cegah Kebocoran Dokumen, Obama Tunjuk Orang

Nominasi FFI 2010