Menjadi Gubernur-Jenderal di Hindia Belanda, Digaji 700 Gulden/Bulan

Gubernur-Jenderal Gerard Reynst, lahir di Amsterdam (1570). Sebagai seorang saudagar dia ikut mendirikan dan duduk di dewan direksi Nieuwe Brabantsche Compagnie, sebuah perusahaan kongsi yang berfusi dengan Verenighde Compagnie van Amsterdam (1600), yang selanjutnya menjadi Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada 20 Maret 1602.
Reynst menyetor modal sebesar 12.000 gulden, namun masih meneken modal disetor atas nama tiga pihak lainnya.
Atas permintaan sesama anggota De Heren XVII (Tuan-tuan 17), organ tertinggi VOC, dia akhirnya bersedia menjadi Gubernur-Jenderal (1613). Dia berangkat menuju Nusantara dengan armada berkekuatan 9 kapal di bawah komando Steven van der Hagen.
Reynst mendapat dua orang pembantu dan imbalan saham atas hasil dari �negara-negara musuh�. Dia hanya mengajak istrinya, Margaretha Niquet. Sedangkan 7 orang anaknya semuanya ditinggalkan di Negeri Belanda.
Perjalanan menuju Nederlands-Indie ternyata berlangsung sangat lama: 1,5 tahun. Setibanya di Batavia Reynst segera menggantikan Gubernur-Jenderal Pieter Both. Selama dalam perjalanan dia memerintahkan salah satu dari armada kapalnya untuk menuju Laut Merah guna memulai kontak dagang dengan bangsa Arab.
Selama menjadi Gubernur-Jenderal dengan kantor di Batavia, Reynst digaji 700 gulden/bulan dan bonus 1000 gulden/tahun. Namun baru sekitar setahun menempati Batavia dia meninggal dunia tepatnya pada 7/12/1615, akibat terserang penyakit disentri. Empat tahun kemudian istrinya tutup usia, juga di Batavia.
Karena begitu singkat menjadi Gubernur-Jenderal, tak banyak catatan tentang Reynst dalam kiprahnya sebagai penguasa kolonial Belanda di Nederlands-Indie. Kecuali catatan perjalanannya ke Ternate dan Banda. Beberapa keterangan juga menunjukkan bahwa dia sangat tamak.
Sumber: http://www.nederlandsindie.com

Perangi Taliban, Afghanistan – Israel Jalin Kesepakatan Rahasia

Israel-Amerika Tak Butuhkan Pilot Lagi