Military Assistance Command Vietnam

Military Assistance Command Vietnam (MACV) dibentuk pada tanggal 8 Februari 1962. MACV berperan sebagai fasilitator bagi pemerintah Vietnam Selatan dan militer AS yang saat itu lebih banyak berfungsi sebagai penasihat. Markas MACV berada di pusat kota Saigon dan menjadi salah satu sasaran utama ketika Viet Cong melancarkan Tet Offensive. Secara institusi MACV memiliki komando sendiri dan bisa mengatur pasukan AS yang ditempatkan di Vietnam. Kendala mulai timbul karena pasukan yang dikirim ke Vietnam berada di bawah komando langsung Presiden AS dan komando berikutnya adalah Departemen Pertahanan AS, bukannya MACV.


Jenderal Wesmoreland

Hirarki komando MACV sendiri berada di bawah Commander Chief Pasific yang bermarkas di Hawai. Para jenderal MACV di Saigon hanya merupakan perwakilan dan jarang memiliki inisiatif tempur. Oleh karena itu prajurit yang dipimpin jenderal MACV semangat tempurnya rendah.

MACV bahkan tak memiliki kontrol langsung terhadap semua kekuatan AS dan ARVN di Vietnam Selatan, sehingga saat menjalankan misi tempur unit-unit pasukan AS tak perlu memberi tahu MACV, tapi langsung melakukan by pass. Tanpa pengaruh dan monitor dari MACV, tentara AS ternyata sanggup bertempur lebih baik. Para komandan MACV seperti Jenderal Westmoreland dan Creioghton bahkan dikenal sebagai jenderal yang jarang berkoordinasi dengan pasukan tempur AS.

War Machine Series: Battleships & Battlecruisers

Kepemimpinan Yang Memenangkan Perang