Militer Israel Latihan Besar-besaran untuk Cegat Rombongan Freedom Flotilla

Sebuah rekaman video memperlihatkan militer Israel sedang melakukan latihan besar-besaran di lautan pada Rabu (15/6), dengan melibatkan sejumlah kapal perang dan kapal pencegat. Dalam latihan perang itu, terlihat pasukan angkatan laut Israel sedang melakukan simulasi menghadapi kapal asing yang membawa penumpang, bagaimana menghadapi penumpang yang melakukan perlawanan dan tidak melakukan perlawanan.
Latihan itu dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi rombongan Freedom Flotilla yang rencananya akan kembali melakukan pelayaran kemanusiaan ke Jalur Gaza bulan ini. Skenario latihan dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam pencegatan di laut saat rombongan Freedom Flotilla akan memasuki perairan Gaza.
Pihak AL Israel tidak diberitahu kapan dan apakah mereka memang akan dikerahkan untuk mencegat rombongan Freedom Flotilla. Mereka hanya diwajibkan mengikuti latihan agar siap jika sewaktu-waktu menerima perintah operasi.
Sementara itu, penyelenggara pelayaran Freedom Flotilla mengatakan, mereka tetap akan berlayar ke Gaza meski IHH–organisasi kemanusiaan Turki–tidak ikut serta dan menghadapi ancaman dari Israel. Rombongan yang terdiri dari para aktivis kemanusiaan internasional rencananya akan berlayar pekan ini, yang merupakan pelayaran kedua setelah pelayaran pertama yang digagalkan oleh angkatan laut Israel dan menyebabkan sejumlah aktivis kemanusiaan asal Turki gugur syahid akibat terjangan peluru para tentara Zionis yang menyerbu kapal itu. (kw/hrz)
Sumber: http://www.eramuslim.com

Oposisi Libya Tolak Tawaran Pemilu Dari Putra Gadaffi

Suku Pakistan Blokir Jalan Pasokan NATO di Perbatasan Afghanistan