NATO Klaim Tewaskan Tokoh Jaringan Haqqani yang Serang Hotel di Kabul

NATO mengatakan Kamis ini (30/6) bahwa seorang komandan senior jaringan Haqqani yang terkait Al-Qaidah yang melakukan serangan mematikan pekan ini di sebuah hotel terkemuka di ibukota Afghanistan telah tewas dalam sebuah serangan udara.
Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) mengidentifikasi Ismail Jan sebagai wakil komandan senior Haqqani di Afghanistan dan mengatakan ia tewas di provinsi timur Paktya pada hari Rabu kemarin (29/6).
Masih sulit untuk mengkonfirmasi kematian Jan dan ISAF tidak memberikan rincian langsung bagaimana mereka tahu bahwa dia telah dibunuh.
Pasukan pimpinan AS menuduh Jan memberikan bantuan material untuk serangan Selasa lalu di hotel Intercontinental di Kabul, yang sering dikunjungi oleh orang Barat dan pejabat pemerintah Afghanistan.
Sebelumnya militan bersenjata berat menyerbu hotel di puncak bukit tersebut Selasa malam, memicu pertempuran sengit yang melibatkan pasukan Afghanistan dan helikopter tempur NATO yang menyebabkan sedikitnya 21 tewas termasuk sembilan penyerang.
Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, namun NATO mengatakan serangan itu dilakukan bersama dengan jaringan Haqqani, yang dipersalahkan karena serangkaian serangan tingkat tinggi di Kabul dan dianggap musuh yang paling kuat di wilayah timur.
NATO mengatakan Jan dibunuh dengan beberapa pejuang Haqqani lainnya sehari setelah serangan di Paktya, yang berbatasan dengan kabupaten semi-otonomi Pakistan di Waziristan Utara, di mana kepemimpinan Haqqani berbasis.
NATO mengatakan Jan mengerahkan 25 sampai 35 pejuang dalam serangan terhadap tentara di wilayah Khost-Gardez di sepanjang perbatasan setelah pindah dari Pakistan ke Afghanistan pada akhir 2010.
Pihak militer mengatakan “laporan awal” menunjukkan bahwa tidak ada warga sipil yang terluka dalam serangan udara hari Rabu kemarin, meskipun serangan udara telah membawa militer pimpinan AS menjadi oposisi tajam dengan pemerintah Afghanistan atas jatuhnya korban sipil.(fq/afp)
Sumber: http://www.eramuslim.com

Ternyata Tsunami Jepang Ciptakan Kampung Bawah Laut

Konvoi Kapal Bantuan Kanada Bersiap Berlayar ke Gaza