Objek Wisata Ujung Genteng Sukabumi

Khas Wisata – Objek Wisata Ujung Genteng Sukabumi, Belum se-terkenal Bali, Lombok atau Belitung, tapi Wisata Ujung Genteng menjanjikan kegiatan wisata yang sungguh menarik. Keberadaannya mulai tampak memberikan kontribusi bagi pariwisata Indonesia. Apa saja yang membuatnya menarik sebagai obyek wisata? Dan di mana sih sebenarnya lokasi Wisata Ujung Genteng ini?

Objek Wisata Ujung Genteng Sukabumi

Wisata Ujung Genteng merupakan bagian dari wilayah pesisir pantai selatan Jawa Barat, tepatnya berlokasi di Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Jika ditempuh dari Jakarta, maka jarak perjalanan ke Ujung Genteng adalah sekitar 220 km. Dengan perjalanan mengguakan mobil, butuh sekitar 6 hingga 7 jam untuk mencapai lokasi ini. Ada beberapa obyek yang menjadi unggulan bagi Ujung Genteng untuk menarik pengunjung, diantaranya adalah Pantai Amanda Ratu, Pantai Cibuaya, Curug Cikaso, dan Pantai Pangumbahan dengan Penangkaran Penyu Hijaunya.

Pantai di Ujung Genteng merupakan pantai Samudera Hindia dengan ciri khas ombak besar. Namun, meskipun berombak besar, pantai di Ujung Genteng relative lebih aman dibanding pantai selatan lainnya yang sering menelan korban. Hal ini dikarenakan adanya gugusan batu karang yang menyebabkan ombak besar yang datang dari tengah lautan terpecah. Di Ujung Genteng ini terdapat sebuah lokasi yang menjadi favorit para peselancar, yang dikenal dengan nama Ombak Tujuh. Tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, Ombak Tujuh ini juga menjadi favorit bagi peselancar mancanegara.

Tanah Lot, Amanda Ratu

Jika Bali punya Tanah Lot, maka Wisata Ujung Genteng punya Amanda Ratu. Pantai Amanda Ratu menawarkan pemandangan pulau karang di tengah laut seperti Tanah Lot Bali. Itulah mengapa lokasi ini terkenal dengan sebutan Tanah Lot Amanda Ratu. Selain pemandangan di Amanda Ratu, anda juga dapat menikmati “akuarium alami” di pantai Cibuaya. Pantai Cibuaya yang jernih membuat anda dapat menikmati pemandangan dibawah air. Anda dapat melihat ikan-ikan dengan warna cantik yang terjebak di celah-celah antara batu-batu karang. Sungguh pemandangan yang indah.

Selain pesona pantai perawan yang masih alami, Wisata Ujung Genteng juga menyajikan pemandangan alam yang masih tersembunyi. Bergeser ke Kecamatan Surade, terdapat tiga air terjun yang dinamakan Curug Cikaso. Ketinggian air terjun ini masing-masing sepanjang 7 meter, 7.5 meter dan 6 meter.

Di sini selain menyaksikan keindahan Curug Cikaso yang menawan, kita juga bisa berenang di kolam jernih yang menggenang di bawah air terjun sebelum alirannya menuju ke sungai Cikaso. Walaupun terbilang jernih, kolam ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter bila sedang musim kering, demi keamanan disewakan ban seharga Rp5000.

Lokasi wisata air terjun Cikaso sendiri bisa dicapai menggunakan mobil dari jalan raya Ujung Genteng yang berbelok menuju jalan raya Cikaso setelah perempatan Surade, setelahnya perjalanan diteruskan mengunakan perahu motor dengan tarif sewa selama 3 jam dengan harga Rp.80000 untuk satu perahu yang berkapasitas maksimal 10 orang.

Sebagai tempat wisata di bibir Samudera Indonesia yang terkenal dengan ombak lautnya yang tinggi, kondisi pantai yang ada di kawasan Wisata Ujung Genteng umumnya memang tidak dapat dipakai untuk berenang, walaupun pantai seperti Cibuaya dan sekitarnya bisa jadi pilihan untuk relaksasi menikmati air laut sambil berendam karena kondisinya yang landai walaupun sedikit berkarang. Beberapa pantai yang sempat dijelajahi oleh kami berikut kami sajikan sebagai panduan bila Anda datang ke Ujung Genteng.

Pantai Cibuaya
Salah satu pantai favorit yang menjadi tempat nongkrong bagi sebagian turis yang datang ke Ujung Genteng. Terdapat beberapa penginapan murah di sepanjang pantai. Umumnya bila sore hari pantai ini akan menjadi arena beraktivitas sambil memandang matahari terbenam di ufuk barat.

Pantai Pangumbahan
Pantai dengan hamparan pasir putih halus dengan radius yang mencapai 1 km. Merupakan salah satu spot bagi para peselancar karena tinggi ombak yang dapat mencapai 2-3 meter. Di saat gelap, lokasi ini merupakan tempat favorit penyu hijau (Chelonia mydas) untuk bertelur.

Pantai Batu Keris
Memiliki susunan karang terjal serta kondisi ombak yang cukup tinggi, sehingga membuat pantai ini merupakan salah satu pilihan favorit dari para peselancar untuk menjajal track-nya. Di sisi lain tebing Batu Keris terdapat muara yang mengalirkan air sungai Cipanarikan menuju samudera lepas. Arus air yang tenang di muara sungai akhirnya menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk lokasi berenang atau sekedar berendam.

Pantai Ombak Tujuh
Sejak lama dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Konon puncak ombak di tempat ini bisa mencapai 7 tingkatan. Lokasinya yang cukup jauh serta berliku membuat pantai ini bukan pilihan utama bagi sebagian turis ketika datang ke Ujung Genteng. Perjalanan ke tempat ini dapat ditempuh dengan menyewa ojeg yang mematok harga hingga Rp200.000 per motor. Rutenya sendiri cukup menantang karena akan melewati hutan serta 3 muara sungai yang dangkal. Menurut pengemudi ojeg yang membawa kami saat musim hujan, motor ojeg perlu digotong oleh pengemudinya untuk dapat menyeberangi sungai

Itulah artikel yang kami kutip dari berbagai sumber, lihat juga Tempat Objek Wisata Vietnam Yang Menarik Dan Patut Di Kunjungi

Tempat Objek Wisata Vietnam Yang Menarik Dan Patut Di Kunjungi

TEMPAT Objek Wisata Di Lombok Sangat Keren