Pengertian Brexit Artinya Britain Exit Serta Fakta-Faktanya

Koran Unik ~Apa itu Brexit yang lagi rame banget diomongin?
Brexit adalah singkatan dari British Exit, di mana masa depan Inggris dalam keanggotaan Uni Eropa akan ditentukan. Rakyat Inggris, lewat referendum, akan memilih apakah negeri pulau itu akan tetap menjadi bagian dari Uni Eropa atau keluar dari pakta ekonomi tersebut. Setelah para warganya melakukan voting, Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

Apa sih yang bikin Inggris mau keluar dari Uni Eropa?
Awalnya ketika beberapa negara Eropa seperti Jerman Barat, Perancis dan empat negara lainnya membuat sebuah pakta kerja sama yang dinamakan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) pada 1957. Dalam perkembangannya, organisasi ini menjadi Uni Eropa pada 1993 dengan 28 negara anggota dan total 500 juta jiwa warga yang tersebar dari Irlandia hingga Yunani.

Pengertian Brexit Artinya Britain Exit ini Fakta-Fakta Bakal Terjadi

picture www.wisefx.id

Uni Eropa ini bukan lagi sebuah organisasi, namun sebuah “negara baru” lengkap dengan parlemen, bank sentral, undang-undang hingga mata uang bersama. Sejauh ini 19 negara anggota menggunakan euro sebagai mata uang resmi.

Jadi kalo kamu tinggal di Inggris, jalan-jalan ke Prancis itu sama kayak pergi dari Jakarta ke Bogor.
Inggris bergabung dengan Uni Eropa pada 1973, tetapi banyak warga negeri itu merasa pada dasarnya mereka berbeda dengan para negeri tetangga di Eropa daratan. Sehingga meski menjadi anggota Uni Eropa, banyak kalangan di Inggris sudah lama merasa bahwa negeri itu seharusnya keluar dari pakta ekonomi tersebut.

Kompas.com cerita, saat mereka berkunjung ke kota London belum lama ini, banyak warga sudah memajang pilihannya di jendela rumah mereka.

Di berbagai rumah di dalam kota London, banyak yang memajang plakat bertuliskan “I’m in” yang artinya mereka ingin Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa.

Sedangkan di luar kota London, kata “No” atau memilih keluar dari Uni Eropa agaknya lebih mendominasi.
Brexit ini berpengaruh besar sama ekonomi dunia. London adalah benar-benar kota kosmopolitan, hampir semua ras dan bangsa ada di ibu kota Inggris itu. “Di London ada sekitar 500.000 orang Perancis, sebaliknya di Paris hanya ada 16.000 orang Inggris. Artinya, roda perekonomian memang ada di sini (Inggris),” kata Anton Alifandi, mantan jurnalis yang kini tinggal di London.

Lalu, apa pengaruhnya buat kita, anak muda di Indonesia?
Well, Brexit ini berpengaruh buat kalian yang berniat sekolah atau kuliah di Inggris.
Kenapa? Kamu akan mempertimbangkan untuk belajar dan/atau menetap ke Inggris. Karena faktanya, sekitar 20 persen dari staf di universitas bergengsi di Inggris adalah warga non-Inggris. Mereka bisa bekerja karena Inggris tergabung dalam Uni Eropa.

Yap, salah satu kekhawatiran kalau Inggris hengkang dari Uni Eropa adalah kurangnya tenaga kerja untuk sejumlah sektor di negeri itu.

Selanjutnya, Inggris adalah penerima pendanaan tertinggi dari Uni Eropa untuk penelitian. 78 universitas melakukan sekitar 1.000 proyek setiap tahunnya. Dengan dana yang dipotong serta pengurangan staf non-Inggris, ini bakal berpengaruh pada kualitas pendidikan.

Kamu juga nggak bisa main dengan bebas ke Prancis atau Jerman saat libur kuliah.
Tapi nggak usah cemas dulu. Dua tahun ke depan, Inggris masih harus mengikuti dan menjalankan semua peraturan dan perjanjian Uni Eropa yang sudah disepakati, tetapi Inggris nggak bisa terlibat dalam pengambilan keputusan.

Selama dua tahun itu, Inggris akan menegosiasikan berbagai kesepakatan terkait hubungan dengan negara anggota Uni Eropa lainnya. Biasanya, negosiasi akan memakan waktu lebih dari dua tahun, tergantung kelancaran negosiasi.

Pengertian Brexit Artinya Britain Exit ini Fakta-Fakta Bakal Terjadi

image source www.brexitthemovie.com
Berikut ini adalah sejumlah fakta terkait dengan Brexit tersebut, seperti dilansir dari ft.com, Kamis (31/3/2016).

1. Apa itu Brexit?

Brexit adalah sebuah singkatan yang mereferensi kepada peluang keluarnya Inggris (British exit) dari Uni Eropa.

Kata ini hampir mirip dengan Grexit yang beberapa tahun lalu populer akibat peluang Yunani (Greece) keluar dari Uni Eropa terbuka lebar.

Saat itu, dunia terfokus pada krisis utang Yunani, yang merupakan salah satu pusat ekonomi terbesar dan terkaya di Uni Eropa.

2. Kapan dilakukan referendum Uni Eropa di Inggris?

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyatakan akan digelar pada Kamis, 23 Juni 2016. Secara hukum, dia harus mengumumkan 16 minggu sebelum referendum.

3. Apa yang akan terjadi jika Inggris meninggalkan Uni Eropa?

Secara hipotetis, definisi Brexit masih sangat dangkal. Beberapa kritikus di Uni Eropa mengatakan, Inggris berpotensi akan meninggalkan blok yang selama ini menjadi pasar tunggal di kawasan tersebut.

Usul Inggris keluar dari Uni Eropa ini dianggap aneh oleh sebagian pihak. Inggris, usai keluar dari Uni Eropa, bisa memilih untuk mengikuti Norwegia, yang membayar agar tetap bisa terhubung ke pasar tersebut.

4. Apa pandangan ekonom atas Brexit?

Sejumlah ekonom memandang, aksi keluarnya Inggris dari Uni Eropa akan buruk untuk prospek ekonomi Inggris.

Pada polling yang dilakukan FT, lebih dari 100 orang ekonomi berpikir jika Brexit tidak akan menumbuhkan ekonomi Inggris.

Prospek ekonomi Inggris jangka menengah, selama tiga kuartal pasca-Inggris keluar dari Uni Eropa akan membuat outlook ekonomi berbahaya.

Hanya 8 persen yang berpendapat jika ekonomi Inggris akan membaik pasca-keluar dari Uni Eropa. Sementara kurang dari 20 persen koresponden menyatakan Brexit akan membuat perubahan.

5. Siapa yang memiliki hak memilih dalam referendum tersesebut?

Pemilih harus warga negara Inggris, Irlandia, atau warga negara persemakmuran yang berusia 18 tahun dan berdomisili di Inggris.

Atau, warga negara Ingris yang tinggal di luar negeri kurang dari 15 tahun.

6. Kenapa Inggris masih berada di Uni Eropa?

“Kita berada di luar sesuatu yang kita tidak ingin terlibat. Misalnya euro, kita tidak memiliki perjanjian kerjasama, kita sekarang kian dekat untuk keluar dari kesepakatan tersebut. Kita akan menjaga akses penuh untuk menghadapi pasar tunggal, dan kerjasama politik untuk menjaga warga tetap aman,” kata Cameron.

Dia memperingatkan, Inggris berada dalam ketidakpastian selama tujuh tahun, yakni waktu yang dibutuhkan untuk negosiasi keluar: “Dan di akhir proses, Anda masih tidak bisa memastikan bahwa bisnis kami akan memiliki akses penuh ke pasar, sehingga mengorbankan lapangan kerja.”

7. Kenapa Inggris harus keluar dari Uni Eropa?

“Keanggotaan Inggris di Uni Eropa menjadi penghalang kita untuk mengubah regulasi. Dan kita bisa memilih siapa yang membuat keputusan penting yang mempengaruhi semua kehidupan kita,” kata Justice Secretary Inggris, Michael Gove.

“Euro memicu penderitaan ekonomi bagi orang-orang miskin di Eropa. Peraturan Uni Eropa menciptakan pengangguran massal. Kebijakan imigrasi Uni Eropa telah mendorong pedagang orang dan membawa kamp-kamp pengungsi putus asa di perbatasan kita. Hal ini jauh dari memberikan keamanan di dunia yang tidak pasti, kebijakan Uni Eropa ini telah menjadi sumber ketidakstabilan dan ketidakamanan,” tambah dia.

8. Apa alasan pro-kontra Brexit?

“Referendum tak sekadar regulasi perdagangan dan bisnis. Ini lebih kepada demokrasi. Apakah kita telah merdeka, telah memiliki pemerintahan yang independen atau tidak?” ungkap anggota parlemen asal kubu konservatif, John Redwood.

Redwood mengatakan, Inggris akan mendapatkan keuntungan yang lebih nyata. “Defisit anggaran dan defisit transaksi berjalan akan turun 20 persen, dengan keluarnya dari Uni Eropa. Inggris bisa membuat undang-undang sendiri, merebut kembali regulasi untuk mengontrol imigrasi dan perbatasan kebijakan, dan kembali eksis dalam lembaga internasional, seperti WTO.”

Sementara Chief Economic FT, Martin Wolf memiliki pandangan sendiri. “Inggris dengan penduduk kurang dari 1 persen penduduk dunia, dan dengan output sebesar 3 persen, bisa lebih berperan dengan keluar dari Uni Eropa,” kata dia.

9. Kapan Inggris bergabung dengan Uni Eropa?

Inggris bergabung dengan Uni Eurrepean Economic Community, sebelum namanya berubah menjadi Uni Eropa pada 1 Januari 1973. Ini adalah ambisi lama dari perdana menteri Inggris kala itu, Edward Heath.

Heath merupakan seorang negosiator saat Presiden Prancis Charles de Gaulle yang saat itu menjabat menolak masuknya Inggris pada 1963. Tapi, De Gaulle jatuh dari kekuasaan pada 1969, yang menjadi pembuka jalan bagi pembentukan Inggris baru.

10. Apa itu Uni Eropa?

Uni Eropa adalah sebuah blok yang terdiri dari 28 negara yang bukan merupakan sebuah negara, tapi lebih jauh dari sekadar zona perdagangan bebas. Kelompok ini berkontribusi sebesar USD18 ribu dengan populasi sebanyak 500 juta penduduk, ini adalah perekonomian terbesar di dunia.

Lebih dari setengah abad, kelompok ini membentuk lembaga yang berpengaruh, seperti Komisi Eropa, hingga Parlemen Eropa, European of Justice yang kemudian berubah menjadi European Council.

Jerman menjadi negara paling berkuasa di Uni Eropa. Kanselir Jerman Angela Merkel pemimpin paling berkuasa di blok ini.

Source;  economy.okezone.com dan  hai-online.com

Demikianlah Postingan admin tentang artikel Pengertian Brexit Artinya Britain Exit Serta Fakta-Faktanya

Profil Nesyana Ayu Nabila Calon Istri Ben Kasyafani Serta Fakta Dan Fotonya

Awas ! Cedera Waktu Usia Muda Pengaruhi Dihari Tua