Perang Meksiko City

Sepanjang jalan ke kota Meksiko, Scott tidak menemui perlawanan signifikan lebih lanjut. Namun Santa Ana mengandalkan pada benteng kota yang kuat untuk mengalahkan Scott. Presiden Polk ingin satu kesempatan terakhir untuk mencapai kesepakatan damai dengan Meksiko, tapi pembukaan itu ditolak. Santa Ana mengklaim bahwa jika ia menerima $ 10.000 sekarang dan $ 1.000.000 setelah menyerah, dia akan melakukannya. Dia diberi $ 10.000, tapi itu yang terakhir kali kabar yang terdengar darinya pada subjek.

Cara untuk Mexico City adalah melalui sekelompok causeways melalui gerakan-gerakan di sebelah timur kota. Santa Ana sudah dijaga ketat selama pendekatan ini. Sekali lagi pengintai Kapten Lee sangat berharga. Ia menemukan cara yang tak dijaga melalui pawai yang sebagian di bawah air, dan tentara Amerika membuat jalan lewat sana. 

Amerika demikian mendekati kota. Jalur komunikasi Santa Ana yang lebih pendek memungkinkan Santa Ana untuk memindahkan orang untuk memblokir Amerika. Jendral Valencia tanpa perintah dari Santa Ana memutuskan untuk tidak menunggu Amerika dan bukannya pindah dengan kekuatan 4.000 orang untuk mengepung pasukan Amerika. Pasukan Amerika kemudian pindah ke pasukan Valencia sekali lagi ke jalan yang ditemukan oleh Lee. Pasukan Amerika bergabung dengan Valencia yang berjuang keras. Santa Ana kemudian muncul dengan 9.000 pasukan. Amerika takut mereka akan diserang pada dua sisi, tapi tiba-tiba hujan Santa Ana yakin untuk mundur. Malam itu pasukan Amerika membuat jalan mereka menuju garis Valencia di Conreras. Di suatu pagi mereka telah mencapai bagian belakang garis dan menyerang ke sana. Amerika mengalahkan Meksiko. Mereka yang tidak terbunuh atau terluka mundur dengan cepat.

Amerika mengikuti orang Meksiko ke benteng berikutnya-Churubusco, yang mereka serang tanpa pengintaian yang tepat. Pasukan Amerika membuat tiga serangan yang mahal dan gagal menyerang benteng. Akhirnya, bala bantuan Amerika tiba, dan dalam serangan terakhir berhasil menyerang ke benteng. Pasukan Amerika mengikuti penarikan Meksiko ke dinding Mexico City itu sendiri. Dalam dua hari pertempuran, 139 orang Amerika tewas dan 876 terluka. Meksiko kehilangan 4.000 orang tewas dan terluka ditambah 3.000 orang ditangkap.

Ada dua lagi benteng Meksiko, The Molino del Rey pertama dan itu cepat diambil. Benteng terakhir adalah Chapultepec. Itu adalah benteng yang dipertahankan dengan baik dan merupakan benteng terpencil. Amerika membuat serangan di semua benteng. Meskipun kerugian besar Amerika menyerang benteng. Hari berikutnya kota menyerah.

Perang Perancis Dan Indian 1754-1763

Keterlibatan Selandia Baru Dalam Perang Boer Di Afrika Selatan