Peta Rahasia Invasi Soviet Ke Manchester Dipamerkan

TEMPO Interaktif,  Manchester – Sebuah sejarah terungkap. Peta rute yang menunjukkan rencana tank Soviet akan melakukan invasi ke Manchester pada tahun 1974, dibeberkan dalam sebuah pameran.
Jenderal dari Moskow menetapkan sebuah jalan yang cukup lebar agar kendaraan lapis baja bisa menggelinding ke pusat kota. Soviet bertujuan untuk menaklukkan kota itu selama Perang Dingin dengan melewati sepanjang Jalan Washway, Jalan Mancunian dan Jalan Princess.

Peta itu dipajang di sebuah pameran di Perpustakan University of Manchester’s John Rylands sebagai bagian dari konferensi tahunan Royal Geographical Society. Pembuat peta Soviet menggunakan kode warna yang digunakan untuk menggambarkan target � dengan warna hitam untuk situs industri, ungu untuk bangunan umum dan hijau untuk situs militer.

Mereka juga menambahkan informasi rahasia dari peta Ordnance Survey, 35 tahun yang lalu, seperti Risley Moss tempat penelitian nuklir.

Dosen geografi Universitas Manchester dan kurator Chris Perkins berkata: “Ini dan peta lainnya dalam pameran kami yang disebut Pemetaan Manchester mengungkapkan sisi yang sangat berbeda dengan kota ini. Ini menunjukkan jalan, yang dirasa Soviet sudah cukup lebar untuk membawa tank, termasuk Jalan Washway, Jalan Mancunian dan Jalan Princess.

“Mereka bahkan transliterasi nama-nama tempat – seperti Urmston, Salford dan Stretford – ke dalam bahasa Rusia. Cukup mengerikan sebagai peta � dan pengintaian mereka. Ini luar biasa bagaimana detail informasi mereka. Di akhir Perang Dingin, peta ini tersedia di pasar internasional. ”

Dia menambahkan: “Militer Soviet menyusun peta-peta yang juga digunakan untuk sumber informasi udara seperti pesawat mata-mata dan citra satelit untuk melengkapi informasi dari peta Ordnance Survey Inggris. Tapi ada begitu banyak informasi tambahan, sehingga mereka mampu mengumpulkan cukup banyak data. Tidak diragukan NATO melakukan hal yang serupa di kota-kota Rusia. “

PA| NUR HARYANTO

Sumber: tempointeraktif.com

Pertempuran Stalingrad

Operasi Bagration