Selangkah Lagi Indonesia Menuju Partai Final

Timnas Indonesia merayakan kemenangan setelah menundukkan Pilipina 1-0  pada pertandingan semifinal leg pertama  ASEAN Football Federation (AFF) Suzuki Cup 2010 di stadion utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/12).

Timnas Indonesia mempertahankan rekor kemenangan, dengan menundukkan Pilipina 1-0  pada leg pertama semifinal AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (16/12). Gol tunggal kemenangan Indonesia ini dicetak striker Christian Gonzales di menit 32.

Gol yang tercipta lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan kapten Tim Firman Utina, menyentakkan dan membuat hampir 80.000  pendukung Timnas di Stadion Gelora Bung Karno, termasuk Presiden dan Ibu Negara Ani  Yudhoyono bersorak gembira.

Sorak-sorai ribuan penonton menambah riuh suasana. Bersamaan dengan sorak sorai itu, Kepala Negara beranjak dari tempat duduk dan kemudian berdiri sambil membentangkan syal bertuliskan kata “Indonesia”.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat syal itu sekitar lima detik sambil terus tersenyum lebar. Hal itu mendapat sambutan meriah dari para penonton. “Bagus-bagus, saya lihat tim kita cukup agresif. Kemudian lebih banyak berinisiatif,” ujar Presiden.

Sedang mengenai kemenangan satu gol untuk Timnas Indonesia, Presiden SBY menilai, satu gol juga sudah bagus. Namun, ia berharap, untuk pertandingan yang akan datang Timnas Merah Putih bisa mencetak gol lebih banyak lagi.

Cukup Seri

Dengan hasil ini, Indonesia berpeluang besar ke final untuk keempat kalinya dengan cukup merebut hasil seri pada pertandingan leg kedua Minggu (19/12). Indonesia yang ditangani pelatih Alfred Riedl tetap menggunakan formasi utamanya dengan menempatkan duet Christian Gonzales dan Irfan Bachdim di lini depan. Sementara Pilipina yang main partai kandangnya menggunakan stadion GBK ini menduetkan James dan Philip bersaudara di barisan depan.

Indonesia dengan komando kapten Firman Utina memulai serangan melalui sayap kiri dengan dimotori Oktovianus Maniani. Beberapa kali Okto mencoba menembus pertahanan Pilipina yang dikawal kapten Charles Luis.

Satu peluang Indonesia lewat tendangan Chirstian Gonzales masih terlalu lemah dan dapat diamankan kiper Pilipina Neil di menit 10. Sedangkan Pilipina mencoba serangan mereka dari kaki Philip yang setidaknya dua kali mengancam gawang Markus. Termasuk tendangan jarak jauhnya di menit 13.

Permainan cukup ketat dan saling menekan. Indonesia sedikit mengubah serangan dari tengah dengan melambungkan umpan dari pemain tengah tepat ke arah Gonzales. Dengan sedikit mengecoh kiper Niel, Gonzales dengan tandukannya mampu mencetak gol pertama untuk Indonesia di menit 32. Babak kedua, Indonesia tetap memberikan tekanan terhadap Pilipina melalui sayap kiri dan kanan.

Menit 60, pelatih Indonesia mulai mengubah formasi dengan memasukkan Arif Suyono menggantikan Oktovianus Maniani. Selang tujuh menit kemudian, Indonesia kembali menambah pemain lini depan dengan memasukkan Bambang Pamungkas menggantikan Irfan Bachdim.

Menit 75,  gawang Indonesia nyaris kebobolan setelah Markus melakukan blunder ke luar dari sarangnya, namun bola ke arah gawang oleh pemain Pilipina dibuang dengan tandukkan Zulkifli Syukur.  Dalam laga ini, dua kartu kuning diperoleh Indonesia karena pelanggaran oleh Oktovianus dan Christian Gonzales dan dua juga untuk pemain Pilipina James Joseph dan Jason Nicolas.

Aneka Foto Unik Aksi Demontrasi di Dunia

Lebih dari 1.000 Perusuh Ditahan Pasca Bentrokan Etnis Rusia