Senat AS Desak PBB untuk Cabut Laporan Perang Israel di Gaza

Senat AS mendesak PBB untuk mencabut laporan terkait tentang Perang Gaza, yang menuduh Israel melakukan kejahatan perang selama 22 hari serangan mereka terhadap Jalur Gaza. Para senator AS telah menyusun sebuah resolusi yang menyerukan anggota Dewan HAM PBB untuk membatalkan laporan dan mempertimbangkan kembali tindakan lebih lanjut Dewan HAM PBB sehubungan dengan temuan-temuan dalam laporan perang Gaza tersebut.

Resolusi itu juga mendesak Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk membantu terwujudnya “reformasi” Dewan HAM PBB “sehingga tidak lagi bersikap tidak adil, tidak proporsional, dan secara teratur salah dalam mengkritik Israel,” lapor AFP. Resolusi ini juga menyerukan kepada Sekjen PBB untuk melakukan semua hal yanga ada dalam kekuasaannya untuk memperbaiki rusaknya reputasi Israel di mata dunia internasional yang disebabkan oleh laporan itu.
Resolusi itu muncul setelah Kepala penyelidikan PBB atas serangan Gaza Richard Goldstone mengatakan awal bulan ini bahwa ia telah salah menyimpulkan serangan Israel terhadap sasaran sipil. Pada bulan April 2009 lalu, Goldstone menyelidiki laporan adanya pelanggaran HAM internasional dan pelanggaran hukum humaniter selama serangan Israel ke Gaza pada akhir Desember 2008- dan awal 2009, yang menewaskan lebih dari 1.400 warga Palestina, kebanyakan perempuan dan anak-anak.
Laporan itu mengatakan bahwa operasi Israel secara hati-hati direncanakan dalam semua fase mereka pada saat serangan yang tidak proporsional sengaja dirancang untuk menghukum, menghina dan meneror penduduk sipil. Namun, di bawah tekanan intensif dari Israel, Goldstone pada tanggal 3 April lalu mengumumkan bahwa ia telah salah untuk mengatakan Israel telah menargetkan warga sipil secara sengaja.
Goldstone kemudian mengumumkan bahwa dia tidak memiliki alasan untuk percaya terhadap setiap bagian dari laporan, dan laporan perlu dipertimbangkan saat ini. Pada hari Kamis, tiga dari penulis laporan, menolak seruan untuk menarik laporan yang telah mereka susun. Laporan ini bisa membuka jalan untuk menyeret Israel ke pengadilan di Den Haag untuk kejahatan perang. (fq/prtv)
Sumber: http://www.eramuslim.com

Ayman Al-Zawahiri: Negara Muslim Harus Bangkit Lawan Gaddafi dan Pasukan NATO

Beberapa Catatan Tentang Perang Dunia I