Suara Voting Paling Minim, Inggris 'Dipermalukan'

Kekalahan Inggris dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2018 dianggap mengejutkan. Apalagi negara tersebut cuma dapat dua suara sementara Rusia justru sudah memimpin sejak awal.

FIFA beberapa jam lalu menetapkan Rusia sebagai tuan rumah PIala Dunia 2018 dan Qatar untuk Piala Dunia 2022. Kedua negara tersebut sebelumnya tak pernah menggelar event sepakbola terbesar dan paling populer tersebut.

Sukses Rusia jadi tuan rumah didapat dengan mengalahkan beberapa pesaing seperti Belanda/Belgia, Inggris dan Spanyol/Portugal. Hasil tersebut dianggap beberapa pihak mengejutkan lantaran Inggris dianggap sebagai kandidat terkuat.

Namun dalam voting tertutup yang dilakukan oleh 22 anggota komite eksekutif FIFA, Inggris ternyata mendapat suara paling minim. Tuan rumah sekaligus juara Piala Dunia 1966 itu cuma dapat dua suara dan langsung tersingkir di voting babak pertama. Sebuah hasil yang dianggap media Inggris telah mempermalukan negara yang diklaim sebagai penemu sepakbola tersebut.

Itu berarti selain suara dari Geoff Thompson, wakil presiden FIFA yang berasal dari Inggris, hanya ada satu suara yang memilih negara tersebut. Di voting babak pertama ini Belanda/Berlgia mendapat empat suara, Spanyol/Portugal tujuh suara dan Rusia dapat sembilan suara.

Keunggulan Rusia makin mutlak saat digelar voting babak kedua, di mana Inggris tak ikut lagi karena sudah tersingkir lantaran suara yang dimiliki paling sedikit. Negara tersebut malah menang dengan angka mutlak setelah mengumpulkan 13 suara, sementara Belanda/Belgia dapat dua suara, Spanyol/Portugal tujuh suara.

Pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 lebih sengit karena membutuhkan empat babak pengambilan suara. Qatar yang sudah unggul sejak awal akhirnya bisa mengalahkan Amerika Serikat dalam voting babak keempat dengan selisih suara 14:8.

Hasil Voting Penentuan Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Babak 1: Inggris 2 suara, Belanda/Bergia 4 suara, Spanyol/Portugal 7 suara dan Rusia 9 votes (Inggris yang punya suara paling minim langsung tereliminasi)

Babak 2: Belanda/Belgia 2 suara, Spanyol/Portugal 7 suara dan Rusia 13 suara (Rusia diputuskan menang mutlak)

Hasil Voting Penentuan Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Babak 1: Australia 1 suara, Jepang 3 suara, Korea Republic 4 suara, Qatar 11 suara, USA 3 suara(Australia tereliminasi)

Babak 2: Jepang 2 suara, Korea 5 suara, Qatar 10 suara and USA 5 suara (Jepang tereliminasi)

Babak 3: Korea 5 suara, Qatar 11 suara, USA 6 suara (Korea terliminasi)

Babak 4: Qatar 14 suara and USA 8 suara (Qatar memenangi suara mayoritas)

Rusia dan Qatar Mengukir Sejarah Baru Piala Dunia

Andika 'The Titans' Jera Besuk Ariel