Tips Jitu Untuk Melupakan Mantan Pacar

Yang pernah menjadi dambaan hati memang sangat sulit dilupakan. Terkait perasaan yang pernah berpaut, dambaan hati sepertinya telah mengisi sebagian sisi kecil dari hati. Itu sebabnya, jika ada yang bisa mengatakan bisa melupakan mantan pacar, itu tak mungkin sepertinya. Namun jangan khawatir, karena ternyata ada cara dan tips melupakan mantan pacar
Selain perasaan dan pikiran yang pernah terkait, mantan pacar merupakan bagian dari masa lalu. Jika kita bisa melupakan masa lalu kita, masa kecil, masa remaja, tentu kita bisa melupakan mantan pacar kita. Jadi, secara gamblang bisa dikatakan kalau melupakan mantan pacar adalah sesuatu yang tak mungkin dilakukan.
Kita tak boleh berputus asa, sebab kenangan itu merupakan bagian dari masa lalu. Yang penting kita berprinsip, masa lalu tetap bagian dari yang sudah lalu. Tidak boleh kita berhenti hanya karena sebuah kenangan.
Hanya saja, kenangan bersama mantan pacar itu bisa diobati kesedihannya dan kenangan itu akan benar-benar menjadi sebuah sejarah hidup kita. Berikut ini tipsnya.
1.    Memikirkan Masa Depan dan Berpikir Positif
Berpikir tentang masa depan agar kita bisa melangkah. Kita tidak boleh menghentikan langkah karena sebuah kenangan. Kesedihan boleh ada, namun tak boleh selamanya kita bersedih. Masa depan kitalah yang lebih penting.
Tanamkan dalam prinsip dan pikiran kita, bahwa mantan pacar bukan segalanya. Mantan pacar bukan orang yang terbaik yang dikirim Tuhan kepada kita. Tentunya pikiran positif harus tetap ada dan kita miliki, bahwa akan ada lagi seorang yang akan dikirim Tuhan kepada kita sebagai yang terbaik dan lebih baik dari mantan pacar kita, yang nantinya akan menjadi jodoh kita.
2.    Jangan Membenci
Jangan pernah membenci mantan pacar. Semakin kita membenci, artinya semakin kita mendekatkan pikiran dan perasaan kita kepada mantan pacar. Jelaslah kesedihan yang ada karena kenangan yang akan terus muncul. Ini akan membuat langkah kita semakin sulit. Apa yang telah dilakukan bersama mantan pacar haruslah benar-benar menjadi sejarah yang harus dipetik hikmah dan pelajarannya. 
3.    Mengalihkan Perhatian, Pikiran dan Perasaan
Jika kedua cara di atas belum bisa mengobati rasa kesal dan kesedihan, hendaklah kita mengalihkan pikiran dan perasaan kepada kegiatan positif. Semakin padat kegiatan, kita semakin tidak memiliki kesempatan untuk berpikir tentang mantan pacar. Jika sudah lelah, kita tentunya langsung bisa tidur tanpa banyak waktu untuk memikirkan mantan pacar kita sebelum tidur.
4.    Mencari Pacar Lagi
Jika ketiga hal di atas tak bisa membuat kita berpikir tenang dan mengobati kenangan bersama mantan pacar, hendaklah kita lebih jauh melangkah dengan cara mencari pacar lagi. Bukan berarti kita bisa langsung mendapatkan pacar dan bisa melupakan pacar, tapi kita bisa belajar dari sulitnya mencari pacar.
Ini akan memberikan kita sebuah pelajaran bahwa seseorang yang ada di di dekat kita nantinya merupakan orang yang sangat berarti. Jika nanti memiliki pacar lagi, tentu kita tidak akan menyia-nyiakan atau mengulang kesalahan yang sama. Paling tidak, rasa penghargaan kepada pacar baru akan ada, dan lebih baik.
Selebihnya, kita tidak perlu menunjukkan sikap yang berlebihan kepada mantan pacar kita jika sewaktu-waktu bertemu. Tidak perlu menghindar karena dengan menghindar akan membuat perasaan dan pikiran seperti ingin kembali ke masa lalu. Bersikaplah sewajarnya. Tidak perlu sakit hati kepada mantan pacar karena sikap seperti ini juga akan membawa hati kita hanyut pada kenangan dengannya.

Nominasi FFI 2010

Tips Cinta Jarak Jauh (Jauh di mata Dekat di Hati)