UNWRA: Israel Sengaja Memiskinkan Jalur Gaza

Badan PBB untuk pengungsi Palestina mengatakan Israel memang sengaja memiskinkan rakyat Palestina di Jalur Gaza melalui pengepungan yang ketat dari wilayah kantong tersebut.
Pada hari Selasa ini (14/6), Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan Gaza dilanda tingkat pengangguran mencapai 45,2 persen pada akhir tahun 2010 – meningkat dari angka pengangguran dari semester pertama tahun ini, AFP melaporkan.
Tel Aviv menerapkan pengepungan di wilayah Gaza pada Juni 2007 setelah anggota parlemen dipilih secara demokratis yang berafiliasi dengan gerakan perlawanan Palestina Hamas mengambil alih pemerintahan di wilayah ini.
Blokade ini berdampak buruk pada situasi kemanusiaan dan perekonomian wilayah miskin yang menjadi rumah bagi 1,5 juta warga Palestina.
Juru bicara UNRWA Chris Gunness mengatakan sulit untuk memahami logika dari blokade Israel itu, dengan mengatakan Israel sengaja memiskinkan Palestina dan membuat ratusan ribu orang yang berpotensi-produktif untuk hidup dalam kemiskinan.
“Hal ini tentu saja sangat sukses dalam menghukum wilayah miskin dari yang termiskin di wilayah Timur Tengah,” kata pejabat PBB tersebut.
“Penelitian kami menunjukkan bahwa sejak tahun 2007, Hamas telah mampu meningkatkan lapangan kerja publik dengan sekitar seperlima lapangan pekerjaan.”(fq/prtv)
Sumber: http://www.eramuslim.com

Tanggal 21 Juni Hamas-Fatah Sepakat Bentuk Pemerintahan Persatuan

Israel Senang Italia Tolak Kenegaraan Palestina di PBB