Waspada, Makanan Pemicu Kanker Banyak Beredar Luas

Puluhan produk makanan mengandung zat berbahaya diamankan tim Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dalam razia di sejumlah pertokoan. Produk makanan yang dicurigai mengandung boraks dan zat pewarna tekstil atau rhodamin tersebut ditemukan beredar luas di pasaran. Padahal, dalam jangka panjang makanan mengadung zat tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

Razia yang dilakukan oleh sejumlah petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang ini, langsung menyisir sejumlah pertokoan yanga ada di Jalan Wahid Hasyim. Di salah satu toko petugas memeriksa setiap produk yang di pajang di etalase. Sejumlah produk yang diduga kadaluarsa langsung diamankan ke dalam kardus untuk di sita petugas.

Petugas menemukan sejumlah produk yang diduga mengandung bahan pengawet berbahaya atau boraks. Petugas juga menemukan sejumlah produk makanan yang diduga mengandung rhodamin B 12 atau zat pewarna pakaian yang di gunakan dalam makanan. Selain mengamankan produk-produk berbahaya tersebut, petugas juga memberi peringatan dan meminta penjual untuk membuat surat pernyataan.

Anna Dyan, Kasi Farmakmin Dinkes Jombang, usai razia mengatakan keberadaan sejumlah zat berbahaya dalam makanan yang berdar di pasar tersebut sangat merugikan masyarakat. Sebab, dalam jangka waktu panjang bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya termasuk penyakit kanker.

“Terkait sanksi kepada penjual yang membandel, kami masih kesulitan karena harus berkordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” katanya.

Razia  ini memang sengaja di gelar dalam rangka melindungi konsumen dari produk-produk berbahaya menjelang datangnya Natal dan Tahun Baru. Razia akan terus di gelar secara rutin hingga wilayah ini terbebas dari peredaran produk makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut.

Inilah Aneka Menu Makanan Pengobat Patah Hati

Untuk Wanita, Kanker Payudara Pembunuh Kedua di Indonesia