WikiLeaks: Amerika Diam-diam Danai Oposisi Syria

Departemen Luar Negeri telah diam-diam membiayai kelompok-kelompok oposisi Syiria dan proyek terkait, termasuk saluran TV satelit yang menyiarkan program anti-pemerintah ke negara itu, menurut memo diplomatik yang sebelumnya dirahasiakan. Saluran satelit yang berbasis di London, Barada TV, mulai siaran pada bulan April 2009 namun telah menggenjot operasi produksinya untuk meliput protes massa di Syiria sebagai bagian dari kampanye jangka panjang untuk menggulingkan pemimpin otokratik negara, Bashar al-Assad. Kelompok hak asasi manusia mengatakan sejumlah orang telah tewas oleh pasukan keamanan Assad sejak demonstrasi yang dimulai pada 18 Maret.”
Barada TV berafiliasi erat dengan Gerakan untuk Keadilan dan Pembangunan, jaringan buangan Syiria yang berbasis di London. Memo diplomatik itu menunjukkan bahwa Departemen Luar Negeri telah menyalurkan sebanyak $ 6 juta kepada kelompok itu sejak tahun 2006 untuk mengoperasikan saluran itu dan membiayai kegiatan lain di dalam Syiria. Saluran ini dinamai dari Sungai Barada, yang mengalir melalui jantung Damaskus, ibukota Syiria. Uang AS untuk tokoh-tokoh oposisi Syiria mulai mengalir di bawah Presiden George W. Bush setelah dia efektif membekukan hubungan politik dengan Damaskus pada tahun 2005. Dukungan keuangan terus berlangsung di bawah Presiden Obama, bahkan ketika pemerintahannya berusaha untuk membangun kembali hubungan dengan Assad. Pada bulan Januari, Gedung Putih menempatkan seorang duta besar ke Damaskus untuk pertama kalinya dalam enam tahun.
Memo itu menunjukkan bahwa pejabat Kedutaan Besar AS di Damaskus menjadi khawatir pada tahun 2009 ketika mereka mengetahui bahwa agen-agen intelijen Syiria telah meningkatkan pertanyaan tentang program AS. Beberapa pejabat kedutaan menyarankan bahwa Departemen Luar Negeri memikirkan kembali keterlibatannya, dengan alasan bahwa hal itu bisa menempatkan pendekatan kembali pemerintahan Obama ke Damaskus dalam resiko. Pihak berwenang Syiria “pasti akan memandang setiap dana AS masuk ke kelompok-kelompok politik ilegal untuk mendukung perubahan rezim,” bunyi memo pada April 2009 yang ditandatangani oleh diplomat tertinggi AS di Damaskus pada waktu itu. “Sebuah penilaian ulang program yang disponsori AS saat ini yang mendukung faksi anti-pemerintah, baik di dalam maupun di luar Syiria, dapat terbuktin produktif,” kata memo itu.
Tidak jelas apakah Departemen Luar Negeri masih mendanai kelompok oposisi Syiria, tetapi memo itu menunjukkan uang tersebut disisihkan setidaknya hingga September 2010. Sementara sebagian uang yang juga telah mendukung program-program dan pembangkangan dalam Syiria, The Washington Post memegang pemotongan nama-nama tertentu dan rincian program atas permintaan Departemen Luar Negeri, yang mengatakan pengungkapan bisa membahayakan keselamatan pribadi penerima. Syiria, sebuah negara polisi, telah diperintah oleh Bashar sejak tahun 2000, ketika ia mengambil kekuasaan setelah kematian ayahnya. Meskipun Gedung Putih telah mengutuk pembunuhan demonstran di Syiria, AS tidak secara eksplisit meminta kejatuhannya.
Departemen Luar Negeri menolak berkomentar mengenai keaslian memo itu atau menjawab pertanyaan tentang pendanaan dari Barada TV. Tamara Wittes, sekretaris asisten menteri luar negeri yang mengawasi demokrasi dan portofolio hak asasi manusia di Biro Urusan Timur Dekat, berkata Departemen Luar Negeri tidak mendukung partai politik atau gerakan apapun. “Kami mendukung beberapa prinsip,” katanya. “Ada banyak organisasi di Syiria dan negara-negara lain yang mencari perubahan dari pemerintah mereka. Itulah agenda yang kita percaya dan kita akan mendukungnya.” Departemen Luar Negeri sering mendanai program di seluruh dunia yang mempromosikan cita-cita demokrasi dan hak asasi manusia, tetapi biasanya tidak memberikan uang kepada kelompok-kelompok oposisi politik.
Pada bulan Februari 2006, ketika hubungan dengan Damaskus berada di sebuah titik nadir, pemerintahan Bush mengumumkan bahwa mereka akan menghibahkan $ 5 juta dalam hibah untuk “mempercepat pekerjaan reformis di Syiria.” Tapi tidak ada pembangkang di Syiria yang bersedia untuk mengambil uang itu, karena takut hal itu akan menyebabkan mereka ditangkap atau dieksekusi karena pengkhianatan, menurut memo 2006 dari Kedubes AS, yang melaporkan bahwa “tidak ada anggota oposisi bonafide yang akan cukup berani untuk menerima pendanaan tersebut.”
Sekitar waktu yang sama, orang buangan Syiria di Eropa mendirikan Gerakan untuk Keadilan dan Pembangunan. Kelompok yang dilarang di Syiria itu mendukung secara terbuka untuk menjatuhkan Assad. Memo AS menggambarkan pemimpin kelompok itu sebagai “Islam moderat liberal,” yang adalah mantan anggota Ikhwanul Muslimin. Tidak jelas kapan kelompok itu mulai menerima dana AS, tetapi memo menunjukkan para pejabat AS pada tahun 2007 mengangkat ide untuk membantu untuk memulai sebuah saluran satelit anti-Assad.
Orang yang terlibat dengan kelompok itu dan dengan Barada TV, bagaimanapun, tidak akan mengakui mengambil uang dari pemerintah AS. “Saya tidak menyadari hal seperti itu,” kata Malik al-Abdeh, direktur berita Barada TV, dalam sebuah wawancara telepon singkat dari London. Abdeh mengatakan saluran tersebut menerima uang dari “pengusaha Syiria independen” yang dia menolak untuk menyebutkan namanya. Dia juga mengatakan tidak ada hubungan antara Barada TV dan Gerakan untuk Keadilan dan Pembangunan. “Jika tujuan Anda adalah untuk menjelek-jelekanBarada TV, saya tidak ingin melanjutkan percakapan ini,” kata Malik al-Abdeh.
Pembangkang lain mengatakan bahwa Barada TV memiliki pemirsa berkembang di Syiria, tapi masih lebih sedikit kecil dibandingkan dengan saluran satelit berita independen lainnya seperti al-Jazeera dan BBC Arab. Meskipun siaran TV Barada 24 jam sehari, banyak program perusahaan itu adalah tayangan ulang. Beberapa acara andalannya adalah “Menuju Perubahan,” diskusi panel tentang kejadian terkini, dan “Langkah Pertama”, sebuah program yang diproduksi oleh kelompok pembangkang Syiria yang berbasis di Amerika Serikat.
Ausama Monajed, pembangkan Syiria lainnya di pengasingan di London, mengatakan ia pernah bekerja sebagai produser untuk Barada TV dan sebagai direktur hubungan media untuk Gerakan untuk Keadilan dan Pembangunan tapi belum “aktif” dalam kedua pekerjaan itu selama sekitar satu tahun. Ia mengatakan ia kini mencurahkan seluruh energi untuk gerakan revolusioner Syiria, penyebaran video dan update protes kepada wartawan. Dia mengatakan dia “tidak bisa mengkonfirmasi” dukungan apapun pdari emerintah AS untuk saluran itu, karena ia tidak terlibat dengan keuangannya. “Saya tidak menerima satu sen pun secara langsung,” katanya.
Beberapa memo diplomatik AS dari kedutaan di Damaskus mengungkapkan bahwa orang buangan Syiria menerima uang dari program Departemen Luar Negeri yang disebut Middle East Partnership Initiative. Menurut memo itu, Departemen Luar Negeri menyalurkan uang untuk kelompok pengasingan melalui Dewan Demokrasi, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Los Angeles. Menurut situs Webnya, dewan sponsor proyek-proyek di Timur Tengah, Asia dan Amerika Latin untuk mempromosikan “elemen fundamental dari masyarakat yang stabil.”
Pendiri Dewan dan Presiden, James Prince, adalah mantan staf anggota kongres dan investasi penasihat untuk PricewaterhouseCoopers. Dihubungi melalui telepon, Prince mengakui bahwa dewan mengelola hibah dari Middle East Partnership Initiative namun mengatakan bahwa itu bukan “spesifik tentang Syiria.” Prince mengatakan dia “akrab dengan” Barada TV dan kelompok pengasingan Syiria di London, namun ia menolak berkomentar lebih lanjut, mengatakan ia tidak memiliki persetujuan dari dewan direksi. “Kami tidak benar-benar berbicara tentang apa pun seperti itu,” katanya.
Memo April 2009 dari Kedutaan Besar AS di Damaskus menyatakan bahwa Dewan Demokrasi menerima $ 6.3 juta dari Departemen Luar Negeri untuk menjalankan program yang terkait dengan Syiria yang disebut “Civil Society Strengthening Initiative.” Program tersebut digambarkan sebagai “suatu upaya kolaboratif diskrit antara Dewan Demokrasi dan mitra lokal “untuk memproduksi, “berbagai siaran konsep” memo lain memperjelas bahwa salah satu konsep tersebut adalah Barada TV.
Edgar Vasquez, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri, mengatakan Middle East Partnership Initiative telah mengalokasikan dana $ 7.5 juta untuk program-program Syiria sejak tahun 2005. Namun, sebuah memo dari kedutaan di Damaskus, mematok total yang jauh lebih tinggi sekitar $ 12 juta – antara 2005 dan 2010. Memo itu melaporkan ketakutan terus-menerus antara diplomat AS bahwa agen-agen keamanan negara Syiria telah menemukan jejak uang dari Washington. Sebuah memo September 2009 melaporkan bahwa agen Syiria telah menginterogasi sejumlah orang tentang “operasi MEPI,” yang merujuk kepada Middle East Partnership Initiative .
“Tidak jelas sejauh mana badan intelijen Syiria memahami bagaimana uang USG masuk ke Syiria dan melalui proxy organisasi,” ujar memo itu, mengacu pada dana dari pemerintah AS.”Akan tetapi yang jelas adalah bahwa agen-agen keamanan semakin terfokus pada masalah ini.” Diplomat AS juga memperingatkan bahwa agen Syiria mungkin telah “menembus” Gerakan untuk Keadilan dan Pembangunan dengan menyadap komunikasi tersebut. Sebuah memo Juni 2009 menyebutkan keprihatinan di bawah judul “MJD: A Leaky Boat?” Mereka melaporkan bahwa kelompok itu “berusaha untuk memperluas basis di Syiria” tetapi telah “awalnya lemah dalam keamanan, sering berbicara tentang yang sangat sensitif tentang jalur terbuka. “
memo itu mengutip bukti bahwa dinas intelijen Syiria menyadari hubungan antara kelompok pengasingan di London dan Dewan Demokrasi di Los Angeles. Akibatnya, petugas kedutaan cemas bahwa program bantuan seluruh Syiria telah terbongkar. “Pelaporan di saluran lain menyarankan Syiria mungkin telah menembus MJD dan menggunakan kontak MJD untuk melacak pemrograman demokrasi AS,” ujar memo. “Jika pemerintah Syria tidak tahu, tapi memilih untuk tidak melakukan intervensi secara terbuka, ini meningkatkan kemungkinan bahwa pemerintah bisa melakukan kampanye untuk menjebak aktivis demokrasi.” (iw/wp)
Sumber: http://www.suaramedia.com

Proyek Iron Dome Perkuat Kerjasama Amerika-Israel

AS-NATO Carikan Persembunyian untuk Gaddafi?