Wisata Arung Jeram Sungai Teunom Bagi Pecinta Olahraga Rafting

Khas Wisata ~Wisata Air Dengan Arung Jeram Di Sungai Teunom Bagi Pecinta Olahraga Rafting Jangan Anda Lewatkan Jika Anda travelling ke Aceh dan menyukai aktivitas alam rasanya tak afdol arung jeram di Sungai Teunom  Aceh.

Disini anda dapat menguji nyali mengarungi derasnya jeram selama 7 hari. Arung Jeram Sungai Teunom terletak di kawasan Aceh Jaya, wilayah pesisir yang terletak di kawasan barat Pantai Sumatera ini memiliki keindahan panorama alam. Kreung atau Sungai Teunom merupakan salah satu sungai terdahsyat di Provinsi Aceh.

Wisata Arung Jeram Sungai Teunom Bagi Pecinta Olahraga Rafting

Sungai ini memiliki panjang berkisar 57 km, dihitung dari Cot Kuala, Kecamatan Mane Kabupaten Pidie, Ada banyak sungai yang mengaliri Kreung Teunom, Sederetan sungai itu adalah Kreung Geumpang, Kreung Sekuleh, Kreung Beutung. Masih banyak lagi sungai kecil yang bermuara ke Sungai Teunom. Setiap hari, ribuan kubik air mengalir di sungai tersebut. Semua sungai ini layak untuk diarungi oleh para rafter. Selain sebagai arena Arung Jeram Sungai Teunom, sungai ini juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mencari nafkah. Mereka memancing juga mengalirkan air sungai untuk persawahan.

Ekspedisi Arung Jeram yang sering diadakan di Kreung Teunom karena sungai Kreung Teunom menyimpan banyak keindahan alam baik panorama serta flora dan fauna. Secara geografis merupakan kawasan Hutan Ulu Masen, yaitu kawasan yang dikenal tempat terakhir bermukimnya gajah Purna, hutan yang masih sangat perawan dengan sejuta keindahan. Di sepanjang sungai terdapat bebatuan serta belasan air terjun di sisi kanan dan kiri Kreung Teunom. Sungai ini bermuara ke Desa Sarah Raya, Aceh Jaya.

Selain derasnya jeram Kreung Teunom, ada keindahan alam di sepanjang aliran sungai. Di antaranya adalah tebing bebatuan karas yang menghimpit sisi sungai dengan ketinggian bervariasi, Puluhan hingga ratusan meter tebing menjulang. Tak jarang air menetes pelan-pelan di atas bebatuan cadas tersebut.

Di sepanjang sungai Teunom terdapat beberapa air terjun yang tumpah ke aliran Kreung Teunom yang akhirnya membentuk air terjun, Salah satu air terjun yang tersohor adalah Ceuraceu Embun. Tingginya sekitar 50 meter, dan bertingkat-tingkat. Tapi ekspedisi ini bukan untuk main-main, karena arus dan jeram di Kreung Teunom cukup deras.

Meski Akses menuju arena Arung Jeram sungai Teunom masih kurang memadai, namun rupanya masih banyak wisatawan pecinta kegiatan menantang menjadwalkan berkunjung ke kreung teunom. Biaya yang masih relatif terjangkau membuat pecinta rafting dari kalangan mahasiswan ingin merasakan tantangan baru

Baca juga :

Mungkin itulah Artikel Kali ini kami sampaikan, semoga tambah wawasan kita dalam dunia Pariwisata khusunya bagi anda yang suka berpergian mengeliling tempat-tempat terbaik dan populer, selamat traveling

Objek Wisata Air Terjun Sekayu Malaysia

Asal Usul Kue keranjang / Nian Gao Cina